Jumat 26 Jun 2020 15:21 WIB

Arab Saudi Batasi Haji, Otoritas Haji Nigeria Akui Merugi

Keputusan Arab Saudi pada musim haji akan merugikan operator hingga 1 miliar Naira.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Arab Saudi Batasi Haji, Otoritas Haji Nigeria Akui Merugi. Foto: Kabah di Masjidil Haram
Foto: Ihram.co.id
Arab Saudi Batasi Haji, Otoritas Haji Nigeria Akui Merugi. Foto: Kabah di Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID,LAGOS -- Asosasi operator penyedia jasa keberangkatan haji di Nigeria (AHUON) mengakui keputusan pembatasan haji yang dikeluarkan kerajaan Arab Saudi menimbulkan kerugian. Walau begitu, mereka tak bisa berbuat banyak hingga menerima keputusan Saudi dengan lapang dada.

Presiden AHUON Salihu Butu mengatakan sebagian anggota AHUON sudah menekan kontrak haji. Sehingga pembatasan ini memukul telak usaha mereka.

"Keputusan Arab Saudi pada musim haji 2020 akan merugikan operator hingga 1 miliar Naira (mata uang Nigeria)," kata Salihu dilansir dari allafrika.com pada Jumat (26/5).

Salihu menjelaskan kerugian operator diperparah karena sudah mengeluarkan uang untuk biaya operasioal. Namun sayangnya operator tak bisa berangkatkan jamaah hingga gagal menutup pengeluaran.

"Ada banyak pajak dan perusahaan yang harus dibayar dan kebanyakan kami tetap bayar entah itu ada haji atau tidak. Misalnya untuk sewa kantor dan gaji pegawai," ujar Salihu.

Beruntung maskapai, hotel dan penyedia jasa akomodasi memperpanjang batas waktu pemesanan AHUON sampai musim haji berikutnya. "Kabar baiknya kami tertunda mendapat untung, tapi kami tidak kehilangan. Kami hanya kehilangan sedikit di sektor logistik," sebut Salihu.

Salihu tak bisa berbuat banyak atas keputusan Saudi ini. Ia mengimbau agar keputusan Saudi tetap dijalankan karena demi kepentingan keselamatan bersama. "Kami terima keputusan Saudi dengan penuh kepercayaan," sebut Salihu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement