Rabu 12 Aug 2020 14:28 WIB

Usai Haji Tuntas, Arab Saudi Bersihkan Ka'bah

Arab Saudi menggunakan teknologi terkini untuk membersihkan Ka'bah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Usai Haji Tuntas, Arab Saudi Bersihkan Ka'bah. Ilustrasi pembersihan Kabah.
Foto: Saudi Press Agency/REUTERS
Usai Haji Tuntas, Arab Saudi Bersihkan Ka'bah. Ilustrasi pembersihan Kabah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci telah menuntaskan perawatan rutin Ka'bah. Perawatan tersebut dilakukan usai ritual haji terbatas tahun ini tuntas.

Dilansir di Saudi Gazette, Rabu (13/8), Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci menyatakan menggunakan teknologi terkini guna melakukan perawatan pada bangunan suci Islam tersebut. Barang-barang material yang dipakai dalam proses perawatan juga wajib memenuhi standar internasional. 

Baca Juga

Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci menyebut pengerjaan perawatan mencakup pembersihan dinding luar struktur Kabah. Kemudian dilakukan juga perawatan bagian yang retak memakai material berkualitas tinggi.

Bagian bawah Kiswah atau kain penutup Kabah telah dinaikkan sekitar tiga meter. Bagian kiswah yang dinaikkan itu ditutupi dengan kain katun putih selebar dua meter di empat sisi. Hal itu sesuai dengan rencana haji terbatas tahun ini yang disetujui.

Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci memastikan segala perawatan tersebut bertujuan menjaga kebersihan dan keamanan kiswah dan bangunan Ka'bah secara keseluruhan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement