Rabu 26 Aug 2020 22:14 WIB

Pemkab Bangka Tengah Bangun Rumah Potong Hewan

Semua peralatan pemotongan hewan sudah sesuai dengan SNI.

Pemkab Bangka Tengah Bangun Rumah Potong Hewan (ilustrasi).
Foto: Yulius Satria Wijaya/ANTARA
Pemkab Bangka Tengah Bangun Rumah Potong Hewan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KOBA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun rumah potong hewan, sebagai tempat penyediaan daging yang sehat dan halal.

"Rumah potong hewan pemamah biak ini diharapkan dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya yaitu rumah potong hewan yang sesuai dengan standar kesehatan," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat meresmikan rumah potong hewan itu di Kelurahan Padang Mulia, Rabu (26/8).

Ia menjelaskan, rumah potong hewan ruminansia ini juga dimanfaatkan untuk pemantauan penyakit hewan dan penyakit zoonosis pada daging sapi. "Pembangunan rumah potong hewan ini sudah memenuhi standar kesehatan dengan fasilitas yang sudah lengkap," ujarnya.

Ia menjelaskan, berbagai fasilitas pemotongan hewan yang disediakan yaitu ruang pemotongan, ruang bersih untuk pemrosesan daging, ruang kotor untuk jerohan, kantor dan kamar jaga dan kandang penampungan. "Rumah potong hewan ini merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging yang aman, sehat, utuh dan halal," ujarnya.

 

Ia juga mengatakan, semua peralatan pemotongan hewan sudah sesuai dengan SNI dan mengikuti perkembangan teknologi. "Sebenarnya rumah potong hewan ini sudah mulai dirancang pembangunannya sejak 2015, namun terhenti dan pada 2020 baru bisa terwujud dengan kondisi yang sudah sangat sempurna," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement