Jumat 23 Oct 2020 08:28 WIB

Tips Agar Bisa Kerjakan Umroh dan Haji dengan Nyaman

Begni tips agr bisa melakukan ibadah umrah dan haji dengan nyaman

Berdoa di sekitar Ka'bah
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Berdoa di sekitar Ka'bah

IHRAM.CO.ID, --  Persiapan dan pengetahuan - baik spiritual maupun praktis - adalah kunci ziarah yang sukses dan bebas masalah di tanah suci. Kiat, pedoman, dan rekomendasi ini akan membantu para pelaku haji dan umrah mendapatkan hasil maksimal dari waktu mereka di Makkah.

Apa yang Harus Dipakai di Mekkah

Sebagai negara konservatif, Kerajaan Arab Saudi tidak menyukai ketidaksopanan. Sebelum masuk ke Ihram (keadaan suci selama haji dan umrah), pria Muslim biasanya mengenakan pakaian Barat atau pakaian tradisional dari negara asal mereka. Wanita harus berpakaian konservatif dengan pakaian panjang dan longgar, dan menutupi rambut mereka dengan jilbab, bukan syal longgar.

Apa yang Harus Dipakai untuk Haji dan Umrah

 

Begitu mereka memasuki Ihram, dan sebelum melakukannya, pria dan wanita tidak boleh lagi mengenakan pakaian yang dijahit. Setelah mandi (ghusl), mereka harus mengenakan pakaian putih khusus yang terdiri dari dua seprai atau kain handuk yang mulus. Lembaran yang lebih besar melingkari pinggang dan diikat dengan ikat pinggang atau potongan kain yang robek dari bahan Ihram. Lembaran lainnya melewati satu atau kedua bahu.

Pria tidak boleh mengenakan pakaian dalam atau kaus kaki, dan kepala mereka harus tetap tidak tertutup. Sandal atau selop adalah alas kaki yang biasa. Keseragaman ini menandakan bahwa semua orang - kaya atau miskin - setara di hadapan Allah.

Pakaian haji untuk wanita tidak terlalu preskriptif. Mereka boleh memakai warna apa saja asalkan seluruh bagian tubuh - kecuali tangan dan muka - ditutupi kain. Namun, banyak wanita di Ihram yang mengenakan abaya dan hijab hitam atau putih.

Larangan Selama Ihram

Ketika peziarah berada dalam keadaan sakral ini, mereka tidak boleh melakukan hal berikut:

• Memotong, mencabut atau mencukur rambut

• potong kuku.

• Kenakan riasan atau parfum

• Melakukan hubungan seksual

Keluar dari Ihram

 

Setelah melakukan semua ritus haji atau umrah, pria harus mencukur kepala (taqseer). Wanita harus memotong seikat rambut, karena mencukur kepala mereka haram (dilarang) bagi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement