Jumat 13 Nov 2020 11:05 WIB

28 Tahun Bisu, Kini Adzan Terdengar Lagi di Jajahan Armenia

Selama hampir tiga dekade, di Kota Shusha tidak pernah terdengar suara adzan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Elba Damhuri
Masjid Susha, di Nagorno-Karabakh
Foto: google.com
Masjid Susha, di Nagorno-Karabakh

IHRAM.CO.ID, BAKU -- Panggilan untuk menunaikan sholat bagi umat Muslim, adzan, untuk pertama kalinya terdengar di Kota Shusha, daerah Nagorno-Karabakh, Rabu (11/11). Selama hampir tiga dekade, di wilayah ini sama sekali tidak pernah terdengar suara adzan.

Sebuah rekaman yang viral di media sosial menunjukkan seorang tentara Azerbaijan membacakan adzan di Masjid Yukhari Govhar Agha. Masjid ini termasuk yang bersejarah di Shusha. 

Baca Juga

Shusha merupakan kota yang diduduki oleh pasukan Armenia pada 8 Mei 1992. Kota ini memiliki strategis penting di wilayah Karabakh Atas, yang juga dikenal sebagai Nagorno-Karabakh.

Kota tersebut merupakan wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional. Wilayah ini terletak di jalan menuju Khankendi, kota terbesar di kawasan itu. Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, mengumumkan Shusha telah dibebaskan dari pendudukan Armenia, Ahad (8/11).

 

"Setelah 28 tahun, adzan (panggilan untuk sholat) akan terdengar di Shusha," kata Aliyev, yang mengenakan seragam militer, dalam pidatonya kepada bangsa, dilansir di Anadolu Agency, Kamis (12/11).

Hubungan antara bekas Republik Soviet telah mengalami ketegangan sejak 1991. Hal ini terjadi ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, juga dikenal sebagai Nagorno-Karabakh. Wilayah ini juga diakui sebagai bagian dari Azerbaijan.

Bentrokan baru meletus pada 27 September dengan tentara Armenia melanjutkan serangan terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan. Serangan tersebut bahkan melanggar perjanjian gencatan senjata kemanusiaan, selama 44 hari. Pemerintah Pusat lantas membebaskan beberapa kota dan hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia selama ini.

Pada 10 November, kedua negara menandatangani perjanjian yang ditengahi Rusia untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja menuju resolusi yang komprehensif. Turki menyambut baik gencatan senjata, yang dihasilkan dari keberhasilan militer Baku melawan Yerevan.

BACA JUGA: Lagi, Masjid dan Muslim di Jerman Diintimidasi Melalui Surat Kaleng

sumber : Anadolu/Republika.co.id
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement