Kamis 24 Dec 2020 18:49 WIB

Arab Saudi Sambut 5 Juta Jamaah Umroh Era Pandemi Covid-19

Arab Saudi telah menyambut jutaan jamaah umroh era pandemi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Arab Saudi telah menyambut jutaan jamaah umroh era pandemi Jamaah Umroh melaksanakan jaga jarak ketika berada di area Masjidil Haram
Foto: saudigazette
Arab Saudi telah menyambut jutaan jamaah umroh era pandemi Jamaah Umroh melaksanakan jaga jarak ketika berada di area Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH – Menteri Haji dan Umroh Saudi, Mohammed Saleh Benten, menyebut Arab Saudi telah menerima 5 juta jamaah umroh maupun jamaah sholat. Perhitungan ini dilakukan sejak dimulainya kembali ritual secara bertahap, Oktober lalu.

Dilansir di Argaam, Kamis (24/12), ia menekankan tidak ada kasus infeksi Covid-19 yang dilaporkan terjadi di antara para peziarah dan jamaah. Hal ini terjadi berkat upaya bersama Kerajaan untuk mempertahankan standar kesehatan tertinggi.

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikan Menteri Benten dalam pertemuan yang diadakan antara Pangeran Makkah Khaled Al-Faisal dan Menteri Haji dan Umroh, Rabu (23/12) kemarin.

Pada 22 September, Raja Arab Saudi Salman menyetujui dimulainya kembali umroh secara bertahap dalam empat tahap. Pembukaan kembali dilakukan di tengah kepatuhan atas prosedur kesehatan pencegahan yang diperlukan.

Di bawah fase pertama, hanya warga dan penduduk di dalam Kerajaan yang diizinkan melakukan umroh di Masjidil Haram. Fase pertama yang dimulai pada 4 Oktober ini menampung kapasitas 30 persen atau 6.000 jamaah per hari.

Sementara itu, tahap kedua umroh dimulai 18 Oktober, dengan 15 ribu jamaah diizinkan melakukan umroh dan 40 ribu jamaah melaksanakan sholat wajib di Masjidil Haram. Pada tahap ini Arab Saudi mengizinkan dilakukan kegiatan dengan kapasitas 75 persen.

Sementara itu, fase ketiga umroh dimulai pada 1 November. Umroh, kunjungan, maupun sholat berjamaah diperbolehkan bagi warga, serta penduduk di dalam dan di luar Kerajaan.

Pada fase ini, Kerajaan membuka diri dengan kapasitas 100 persen atau 20 ribu jamaah umroh per hari dan 60 ribu jamaah sholat setiap hari di Dua Masjid Suci. 

Sumber: https://www.argaam.com/en/article/articledetail/id/1430625

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement