Jumat 16 Jul 2021 14:53 WIB

Sholat di Masjidil Haram Disetop, Siap Terima Jamaah Haji

Haji tahun ini dibatasi untuk 60 ribu jamaah dari dalam Arab Saudi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Sholat di Masjidil Haram Disetop, Siap Terima Jamaah Haji
Foto: AP/Amr Nabil
Sholat di Masjidil Haram Disetop, Siap Terima Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi telah menghentikan penerbitan izin sholat di Masjidil Haram mulai Jumat (16/7) demi persiapan menerima jamaah haji. Perizinan sholat di masjid suci tersebut akan dikeluarkan lagi mulai 24 Juli.

Ziarah tahunan ke Makkah dianggap sebagai pertemuan manusia terbesar di dunia dengan hampir 2,5 juta jamaah pada 2019. Namun, karena pandemi Covid-19, haji tahun ini dibatasi untuk 60 ribu jamaah saja yang semuanya datang dari dalam Kerajaan.

Baca Juga

Tahun lalu, hanya 1.000 peziarah yang diizinkan karena dunia dilanda ketidakpastian saat pandemi pertama kali terjadi. Kementerian Kesehatan menekankan pentingnya mematuhi langkah-langkah pencegahan dalam pertemuan keluarga selama liburan Idul Adha, seperti memakai masker, menghindari berjabat tangan dan social distancing untuk membatasi penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh anggota masyarakat.

Kementerian Kesehatan baru mengumumkan lebih dari 21 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di Arab Saudi melalui lebih dari 580 situs vaksinasi di seluruh Kerajaan. Meskipun infeksi baru terus berlanjut di seluruh dunia karena varian penyakit telah muncul.

 

Arab Saudi melaporkan 15 kematian terkait Covid-19 lagi pada Kamis (15/7). Hal ini menjadikan jumlah keseluruhan korban menjadi 8.035.

Tercatat juga ada 1.165 kasus baru, yang berarti 506.125 orang di negara itu telah tertular penyakit tersebut. Sebanyak 11.172 kasus masih aktif, 1.429 di antaranya dalam kondisi kritis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement