Senin 30 Aug 2021 17:32 WIB

Komandan Veteran Afghanistan akan Berunding dengan Taliban

Kekuatan tempur Taliban punya 2.000 kendaraan lapis baja dan hingga 40 pesawat,

 Taliban berjaga di dekat kendaraan yang digunakan untuk menembakkan roket di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 30 Agustus 2021. Beberapa roket yang ditembakkan dari sebuah mobil mendarat di dekat bandara Kabul pada 30 Agustus.
Foto: EPA-EFE/STRINGER
Taliban berjaga di dekat kendaraan yang digunakan untuk menembakkan roket di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, 30 Agustus 2021. Beberapa roket yang ditembakkan dari sebuah mobil mendarat di dekat bandara Kabul pada 30 Agustus.

IHRAM.CO.ID, Sekelompok pemimpin veteran Afghanistan, termasuk dua komandan regional, sedang mencari pembicaraan dengan Taliban dan berencana untuk bertemu dalam beberapa minggu ke depan. Tujuanya untuk membentuk front baru guna mengadakan negosiasi tentang pemerintah negara berikutnya.

Khalid Noor, putra Atta Mohammad Noor, gubernur yang pernah berkuasa di provinsi Balkh Afghanistan utara, mengatakan kelompok itu terdiri dari pemimpin veteran etnis Uzbekistan Abdul Rashid Dostum dan lainnya yang menentang pengambilalihan Taliban.

“Kami lebih suka bernegosiasi secara kolektif, karena masalah Afghanistan tidak akan diselesaikan hanya oleh salah satu dari kami,” kata Noor, 27, dalam sebuah wawancara dari lokasi yang dirahasiakan.

“Jadi, penting bagi seluruh komunitas politik negara untuk terlibat, terutama para pemimpin adat, mereka yang berkuasa, dengan dukungan publik,” kata Noor. Atta Noor dan Dostum, veteran 40 tahun konflik di Afghanistan, keduanya melarikan diri dari negara itu ketika kota utara Mazar-i Sharif jatuh ke tangan Taliban tanpa perlawanan.

Pemerintah dan militer yang didukung AS gulung tikar di tempat lain ketika Taliban menyerbu Kabul pada 15 Agustus. 'Sangat, sangat arogan' Namun, diskusi di belakang adalah tanda orang kuat tradisional negara itu hidup kembali setelah kampanye militer Taliban yang menakjubkan. Ini akan menjadi tantangan bagi entitas mana pun untuk memerintah Afghanistan dalam waktu lama tanpa konsensus antara tambal sulam etnis di negara itu, kata sebagian besar analis.

Tidak seperti periode kekuasaan mereka sebelumnya sebelum 2001, Taliban yang didominasi Pashtun memang mencari dukungan dari Tajik, Uzbekistan, dan minoritas lainnya saat mereka mempersiapkan serangan mereka bulan lalu.

“Taliban pada saat ini sangat, sangat arogan karena mereka baru saja menang secara militer. Tetapi apa yang kami asumsikan adalah bahwa mereka tahu risiko memerintah seperti yang mereka lakukan sebelumnya,” kata Noor, merujuk pada pengecualian rezim Taliban sebelumnya terhadap kelompok etnis minoritas.

Atta Mohammad Noor, mantan gubernur provinsi Balkh, memberikan wawancara di Mazar-i-Sharif  mengatakan ada "risiko besar" pembicaraan bisa gagal, membuat kelompok itu sudah bersiap untuk perlawanan bersenjata melawan Taliban. “Menyerah tidak mungkin bagi kami,” kata Noor, anggota termuda dari tim mantan pemerintah Afghanistan yang mengadakan pembicaraan dengan Taliban di Qatar.

Ahmad Massoud, pemimpin pos terdepan terakhir perlawanan anti-Taliban Afghanistan, pekan lalu juga mengatakan dia berharap pembicaraan dengan Taliban akan mengarah pada pemerintahan yang inklusif, yang gagal di mana pasukannya siap untuk dilawan.

Masih belum pasti berapa banyak dukungan rakyat yang sebenarnya dinikmati oleh para pemimpin seperti Atta Noor, yang secara luas dituduh melakukan korupsi, dan Dostum, yang dituduh melakukan berbagai tindakan penyiksaan dan kebrutalan. Bahkan nama keduanya ada dalam laporan Departemen Luar Negeri AS sebagai “panglima perang klasik”. Kedua pemimpin membantah tuduhan itu.

Taliban, yang sudah menjadi kekuatan militer yang tangguh, sekarang memiliki sekitar 2.000 kendaraan lapis baja dan hingga 40 pesawat, di antara senjata lain yang ditinggalkan oleh pasukan Afghanistan yang melarikan diri, yang berpotensi memperkuat daya tembak mereka. Namun, Noor mengatakan Taliban tidak akan mampu bertahan melawan perlawanan rakyat.

“Sejarah telah menunjukkan bahwa tidak ada seorang pun di Afghanistan yang dapat memerintah dengan paksa, itu tidak mungkin,” kata politisi berpendidikan Barat itu. “Tidak peduli berapa banyak dukungan yang mereka dapatkan dari komunitas internasional, itu akan gagal,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement