Selasa 05 Oct 2021 13:45 WIB

Masjid Cambridge, Pencapaian Luar Biasa Desain Arsitektur

Masjid Pusat Cambridge masuk nominasi Penghargaan Stirling Prize 2021.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Taman di Masjid Pusat Cambridge atau Cambridge Central Mosque di Inggris tidak lepas dari elemen air.
Foto: Emma Clark
Taman di Masjid Pusat Cambridge atau Cambridge Central Mosque di Inggris tidak lepas dari elemen air.

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Masjid Pusat Cambridge masuk nominasi Penghargaan Stirling Prize 2021. Masjid ramah lingkungan pertama di Eropa ini dibangun oleh perusahaan konstruksi dan fit-out terkemuka, Gilbert-Ash.

Masjid Pusat Cambridge adalah salah satu dari enam proyek yang akan dipilih dari 54 pemenang Penghargaan Nasional RIBA 2021. Stirling Prize RIBA diadakan setiap tahunnya, dengan pengecualian tahun lalu.

Baca Juga

Sejak tahun 1996, mereka berkomitmen memberikan penghargaan bagi bangunan yang dianggap sebagai yang paling signifikan untuk evolusi arsitektur dan lingkungan binaan. Pemenang tahun ini akan diumumkan pada 14 Oktober.

Dilansir di BDC Magazine, Selasa (5/10), Cambridge Central Mosque adalah masjid ramah lingkungan pertama di Eropa. Arsitek Marks Barfield, yang sedang mencalonkan diri untuk penghargaan, merancang bangunan untuk menampung hingga 1000 jamaah.

Bangunan ini dikreditkan oleh RIBA sebagai situs yang menciptakan masjid Inggris non-denominasi abad ke-21, yang baru dan spesifik untuk tempat dan waktunya. Desain bangunannya juga dinilai beresonansi dengan bangunan Islam dan keagamaan yang lebih luas.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement