Rabu 27 Oct 2021 16:36 WIB

Kemenag Yakin Jamaah Umroh Indonesia Bisa Segera Berangkat

Semua yang berkaitan dengan umroh perlu dipersiapkan dengan baik.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Esthi Maharani
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana lambat ini, jamaah umroh mengelilingi Ka
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana lambat ini, jamaah umroh mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Prof Hilman Latief yakin jamaah umroh Indonesia segera diberangkatkan. Seperti diketahui jamaah Malaysia sudah melakukan ibadah umroh pasca dua tahun Arab Saudi menutup umroh.

"Indonesia juga gak akan lamalah, doanya saja," kata Prof Hilman kepada wartawan setelah menerima audiensi Forum Silaturahmi Asosiasi Travel Haji dan Umrah (Forum SATHU) kemarin.

Prof Hilman mengatakan, masih ada yang perlu diselesaikan terkait teknis penyelenggaraan ibadah umroh di masa pandemi Covid-19 ini. Untuk itu semua yang berkaitan dengan umroh perlu dipersiapkan dengan baik.

"Saya kira masalah-masalah teknis yang ada sedikit yang harus kita tuntaskan. Jangan sampai ketika jamaah diberangkatkan terjadi masalah yang membuat jamaah kesulitan beribadah di tanah suci," ujarnya.

 

Seperti diketahui jamaah umroh asal Malaysia, yang menjadi kelompok pertama telah menjalankan ibadah ke Tanah Suci, setelah hampir dua tahun ditunda akibat pandemi. Aktor Ashraf Muslim (40 tahun), yang menjadi salah satu rombongan mengatakan sangat bersyukur dapat kembali menginjakkan kaki di Makkah dan Madinah.

Dia mengaku telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan umroh di masa pandemi ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Meskipun mereka (Arab Saudi) memiliki SOP sendiri di sini, itu sangat membantu para jemaah dalam hal menjalankan umroh di new normal,” katanya yang dikutip di Bernama, Senin (25/10).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement