Senin 21 Mar 2022 17:59 WIB

MUI-Kemenag Bahas Pelaksanaan Ibadah Ramadhan

Pembahasan aturan pelaksanaan ibadah Ramadhan masuk tahap finalisasi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --  Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengatakan, Kemenag dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membahas aturan pelaksanaan ibadah Ramadhan 1443 H.

"Kita masih membicarakan, jadi sebelum puasa surat edaran akan dikeluarkan penjelasan mengenai ibadah di bulan suci Ramadhan termasuk di rumah ibadah di masjid dan musholla," kata Kamaruddin

 

Dia mengatakan, pengaturan sebelumnya terkait pelaksanaan ibadah di bulan suci ramadhan sudah ada, untuk itu saat ini hanya tinggal disempurnakan. Menurut Kamaruddin, pembahasan yang sudah dilakukan kini sudah masuk tahap finalisasi. 

 

"Saya kira mengikuti perkembangannya sekarang sudah mulai longgar, jadi tentu semua akan menjadi pertimbangan. Regulasi Kemendagri (Kementrian dalam negeri) dan seterusnya," ucap Kamaruddin. 

 

Sebelumnya berdasarkan perkembangan kondisi terakhir, MUI telah menilai berdasarkan kebijakan pemerintah, status hajah syariyyah yang menyebabkan adanya rukhsah sudah hilang. Dengan demikian, pelaksanaan sholat jamaah dilaksanakan dengan kembali ke hukum asal ('azimah), yaitu dengan merapatkan dan meluruskan shaf (barisan). Hal ini juga menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan ibadah di bulan suci.

 

"Soal shaf nanti akan dilihat apakah dibolehkan dengan shaf rapat," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement