Selasa 26 Apr 2022 04:25 WIB

Menteri Bangladesh: Tidak Ada Haji Bagi Warga di Atas 65 Tahun

Bangladesh memiliki tiga atau empat bulan menyelesaikan persiapan haji.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji Bangladesh. Menteri Bangladesh: Tidak Ada Haji Bagi Warga di Atas 65 Tahun
Foto: Daily Sun
Jamaah haji Bangladesh. Menteri Bangladesh: Tidak Ada Haji Bagi Warga di Atas 65 Tahun

IHRAM.CO.ID, DHAKA -- Otoritas Bangladesh menutup pelaksanaan ibadah haji bagi warga dengan usia di atas 65 tahun pada tahun ini. Larangan ini ditetapkan karena memperhatikan risiko Covid-19 dan peraturan yang diberlakukan oleh Arab Saudi.

Aturan Saudi menetapkan orang yang berusia di atas 65 tahun tidak akan dapat melakukan haji tahun ini. "Sekalipun jika mereka telah terdaftar," kata Menteri Agama Bangladesh, Md Faridul Haque Khan, seperti dilansir BD News24, Senin (25/4/2022).

Baca Juga

Khan mengatakan, sistem yang sama berlaku untuk seluruh dunia sehingga tidak ada seorang pun di atas usia 65 yang bisa berangkat menunaikan ibadah haji. Disebutkan, pemerintah memiliki waktu tiga atau empat bulan untuk menyelesaikan semua persiapan haji.

Namun, Khan menuturkan, untuk tahun ini, semua pekerjaan itu harus selesai dalam 34 hari. Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, Arab Saudi kembali mengizinkan jemaah haji dari luar negeri. Sebanyak 57.856 orang dari Bangladesh akan diizinkan melakukan perjalanan tahun ini.

Pada 2020, Arab Saudi mengatakan, sebanyak 127.198 orang Bangladesh akan dapat melakukan perjalanan. Meski demikian, karena pandemi, tidak ada yang bisa pergi pada 2020. Kemudian situasi ini berlanjut pada tahun 2021.

Arab Saudi telah mengumumkan hanya orang di bawah usia 65 yang dapat melakukan haji tahun ini. Setiap jamaah haji harus telah menerima setidaknya dua dosis vaksin virus corona, memiliki sertifikat negatif Covid sebelum bepergian dan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement