Senin 13 Jun 2022 11:45 WIB

KKHI Makkah Siap Berikan Layanan Kesehatan Jamaah Haji

Jamaah haji akan mendapatkan layanan kesehatan di KKHI Makkah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 KKHI Makkah Siap Berikan Layanan Kesehatan Jamaah Haji. Foto ilustrasi: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan saat apel di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.
Foto: istimewa
KKHI Makkah Siap Berikan Layanan Kesehatan Jamaah Haji. Foto ilustrasi: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan saat apel di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

IHRAM.CO.ID,MADINAH--Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sudah siap melayani jamaah haji Indonesia. Semua alat medis dan komponen pendukung lainnya sudah kembali dipasang.

"Jamaah masuk ke Makkah tanggal 12 malam, Jadi di tanggal 11 kita sudah persiapkan semua alat-alat, komponen, petugas semua sudah siap sesuai dengan jadwal jaganya masing masing," kata Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekah dr. Muhammad Imran, Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga

Imran mengatakan, KKHI Makah mulai operasional di tanggal 12 Juni 2022, hal ini sesuai dengan pergerakan jamaah haji kloter pertama yang akan mulai berangkat dari Madinah dan Menuju Makkah. 

Imran mengatakan, selama 24 jam, KKHI Makah menerima rujukan dari Tenaga Kesehatan Haji (TKH) kloter maupun dari sektor untuk penanganan lanjut jamaah yang mengalami masalah kesehatan. 

 

Layanan kesehatan diberikan langsung di KKHI maupun yang mobile di lapangan. 

Imran menuturkan, sampai saat ini pada Sabtu (11/6/2022) sebanya 250 tempat tidur sudah disiapkan di KKHI Makkah baik untuk rawat inap maupun pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). 

"Pelayanan di KKHI mulai dari pelayanan IGD atau kegawatdaruratan, pelayanan rawat inap, spesialistik, termasuk pelayanan kesehatan penunjang seperti laboratorium, radiologi, gizi," jelas dr. Imran

Layanan spesialistik meliputi spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit paru, spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis syaraf, spesialis bedah orthopedi, spesialis bedah umum, spesialis kesehatan jiwa, spesialis anestesi, spesialis rehab medik, spesialis emergensi medis, spesialis penerbangan dan spesialis mikrobiologi klinik.

Sementara pelayanan kesehatan di lapangan meliputi tim sanitasi dan food security. Tim ini yang akan memberikan pelayanan Sanitasi di KKHI, pondokan, dan katering. Kemudian ada tim promosi kesehatan yang akan memberikan edukasi promosi kesehatan kepada jemaah haji. 

Selanjutnya ada juga emergensi medical Tim (EMT) Yang akan fokus pada deteksi dini kegawatdaruratan. Tim ini setelah menemukan kasus kegawatdaruratan, tindakan emergensi respon, serta rujuk ke KKHI. 

Sebanyak 145 tenaga kesehatan sudah disiapkan di KKHI Makkah dan akan melayani 100.051 jamaah haji indonesia dari Madinah. Secara total terdapat 296 titik layanan kesehatan yang disiapkan Kementerian Kesehatan selama pelaksanaan haji di Arab Saudi.

"Layanan ini sebagai tempat layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh jamaah haji Indonesia. Sebanyak 173 jenis obat-obatan dan 45 perbekalan kesehatan juga telah disiapkan," katanya.

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement