Senin 18 Jul 2022 17:32 WIB

Jangan Coba-Coba Merokok di Area Masjid Nabawi, Dendanya Rp 700 Ribu      

Arab Saudi sosialisasikan larangan merokok di area Masjid Nabawi.

Ilustrasi Masjid Nabawi Madinah. Arab Saudi sosialisasikan larangan merokok di area Masjid Nabawi
Foto: Infografis Republika
Ilustrasi Masjid Nabawi Madinah. Arab Saudi sosialisasikan larangan merokok di area Masjid Nabawi

Oleh A Syalaby Ichsan, dari Madinah Arab Saudi 

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Jamaah Gelombang 2 yang akan tiba di Madinah, Arab Saudi, pada 21 Juli diminta untuk tidak merokok sembarangan di dalam dan pelataran Masjid Nabawi. 

Baca Juga

Kepala Daerah Kerja Madinah PPIH Arab Saudi, Amin Handoyo, menjelaskan, otoritas Arab Saudi sudah mengeluarkan penegasan aturan akan ada denda bagi jamaah yang melanggar. 

Menurut Amin, pihak Arab Saudi sudah menyosialisasikan aturan tersebut di hotel-hotel jamaah yang berada di sekitar Masjid Nabawi. Dalam lembaran sosialisasi aturan yang ditempel tersebut, ujar Amin, jamaah tidak diperkenankan merokok di sekitar Masjid Nabawi dan daerah yang berada sepuluh meter dari masjid. 

Aturan merokok ini selain di wilayah haram (Masjid Nabawi) juga di wilayah yang dekat dengan hotel. “Di situ jelas bahwa bagi yang melanggar akan terancam sanksi 200 riyal atau sekira Rp 798 ribu,” ujar Amin usai memimpin rapat koordinasi di Kantor Daker Madinah, Madinah, Arab Saudi,  Ahad (17/7/2022) malam. 

Hanya saja, Amin mengaku belum mengetahui bagaimana mekanisme penerapan sanksi yang dimaksud dalam aturan tersebut. “Mekanismenya kami belum mengetahui tapi pengumuman itu sudah ditempel di hotel,” kata Amin. 

Selain masalah rokok, Amin menjelaskan, rapat evaluasi malam itu membahas perihal kepastian jadwal keberangkatan jamaah dari Makkah ke Madinah. Menurut dia, jamaah akan berangkat ke Madinah menggunakan bus pada pukul tujuh pagi. Dia memperkirakan, mereka tiba pada pukul satu siang setelah menempuh perjalanan enam jam. 

Selain itu, rapat evaluasi tersebut juga  mengulas tentang akomodasi dan katering yang akan dipersiapkan bagi jamaah. Mereka juga membahas tentang seputar kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang perlu diketahui jamaah saat hendak berkunjung ke Masjid Nabawi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement