Senin 01 Aug 2022 14:47 WIB

Konferensi Muslim Terbesar di Kanada Barat Segera Digelar

Konferensi ini merupakan saat di mana umat Islam berdoa bersama.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Muslimfest di Kanada dibanjiri ribuan umat muslim dan warga Kanada. Konferensi Muslim Terbesar di Kanada Barat Segera Digelar
Foto: onislam.net
Muslimfest di Kanada dibanjiri ribuan umat muslim dan warga Kanada. Konferensi Muslim Terbesar di Kanada Barat Segera Digelar

IHRAM.CO.ID, CALGARY -- Ribuan orang diperkirakan akan menghadiri konferensi Jalsah Salanah Kanada Barat di Calgary di Genesis Center akhir pekan ini. Acara dua hari yang berlangsung pada Sabtu (6/8/2022) dan dilanjutkan pada Ahad (7/8/2022) kembali ke kota setelah jeda pandemi.

“Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa pentingnya acara ini dan hari ini ketika saya berjalan-jalan banyak orang datang kepada saya dan mengatakan mereka sangat senang kami dapat berkumpul kembali,” kata salah satu penyelenggara, Malik Agyemang, dilansir dari Calgary CTV News, Senin (1/8/2022).

Baca Juga

 “Ini adalah waktu di mana kami berbicara tentang spiritualitas, tetapi kami juga berbicara tentang hubungan timbal balik, kami memperbarui persahabatan kami, kami membuat teman baru dan selama dua tahun selama Covid kami tidak dapat memiliki interaksi itu,” lanjutnya. 

Menurut Presiden Jemaat Muslim Ahmadiyah di Kanada Lal Khan Malik, konferensi ini merupakan saat di mana umat Islam dapat berkumpul untuk berdoa bersama dan diingatkan akan kewajiban, serta kewajiban agama kepada sesama manusia. "Kita harus mencintai setiap (orang) dan tidak membenci siapa pun, pesan ini penting, terutama karena perpecahan yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini dan kami berharap konferensi ini akan memajukan tujuan ini," kata Lal Khan Malik.  

 

Konferensi ini juga berfokus pada membangun hubungan dengan masyarakat adat. Acara ini akan menampilkan doa khusus Pribumi, menyoroti komitmen masyarakat untuk kerukunan dan rekonsiliasi antaragama.

“Kami berutang kepada mereka (untuk menunjukkan) bahwa kami di sini dalam damai dan kami harus mengenal mereka dan kami telah mengadakan berbagai acara dengan mereka dan kami mengundang mereka ke dalam komunitas kami,” kata Malik.

"Kami tahu masalah mereka, latar belakang mereka, sejarah mereka dan kami menawarkan layanan kami kepada mereka dan mereka mengenal kami dan ini menyatukan komunitas,” lanjutnya. 

Acara ini biasanya berpindah-pindah kota di Kanada bagian barat, akan tetapi penyelenggara kali ini memilih Calgary sebagai tuan rumah tetap karena lokasinya di pusat. Acara dilanjutkan pada Ahad pukul 11.30 dan berakhir sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement