Ahad 31 Aug 2014 13:49 WIB

Bandara Halim Siap Berangkatkan Jamaah Haji

Rep: c60 / Red: Hazliansyah
 Jamaah Haji Kelompok Terbang (kloter) pertama Jakarta tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Ahad (20/10) malam.     (Republika/Yasin Habibi)
Jamaah Haji Kelompok Terbang (kloter) pertama Jakarta tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Ahad (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta siap memberangkatkan jamaah haji. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk memperlancar pemberangkatan jamaah haji musim 2014.

Hal itu dikemukakan oleh Officer In Charge, Budi Istoro. Kendati demikian, Budi menyatakan persiapan di Bandara Halim tidak sebanyak persiapan yang dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

"Persiapannya banya dipusatkan di Pondok Gede dan Bekasi," ujar Budi kepada Republika, saat ditemui di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Ahad (31/8).

Dia mengatakan, mulai dari persiapan pengecekan dokumen hingga kesehatan lebih banyak dilakukan Pondok Gede dan Bekasi. Setelah siap berangkat, kata dia, jamaah haji akan diantar oleh bus langsung menuju pesawat tanpa melewati pintu pemberangkatan.

Budi mengungkapkan, Menteri Agama secara langsung akan melakukan pemeriksaan secara langsung di bandara Halim. Menag dijadwalkan melakukan inspeksi pada pukul 15.00 WIB, Ahad (31/8) sore. 

"Sebelum pemberangkatan biasanya ada pengecekan kelayakan landasan, kendaraan pengantar, dan lain-lain," ujar Budi.

Menurut dia, pengecekan teknis dilakukan secara rutin sebelum berangkat oleh Menteri Agama dalam beberapa tahun terakhir.  

Dia menyatakan pemberangkatan jamaah haji akan dilaksanakan Senin (1/9). "Besok sudah mulai berangkat yang kloter pertama," ujar dia.

Hingga Ahad siang sekitar pukul 13.00 WIB tidak banyak persiapan yang terlihat di Bandara Halim Perdana Kusuma. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement