Ahad 31 Aug 2014 19:00 WIB

Jamaah Tasikmalaya Keluhkan Kamar Asrama Haji Kotor

Jamaah haji
Jamaah haji

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Sejumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengeluhkan kondisi kamar penginapan Embarkasi Jakarta-Bekasi yang kotor dan tidak terawat.

"Memang tampak luarnya bagus dan bersih, tapi kalau kita lihat ke bagian dalam penginapan, banyak dinding yang sudah kotor dan tidak terawat," kata salah satu calon haji kloter perdana yang tidak ingin dipublikasikan identitasnya di Bekasi, Ahad.

Calhaj yang mendapat jatah menginap di gedung Mina A Embarkasi Jakarta-Bekasi itu merasa tidak nyaman dengan kondisi dinding yang kotor ditandai bercak-bercak cokelat dan terdapat sejumlah coretan di tangga.

Selain itu, dia juga melihat adanya sejumlah titik eternit yang bocor karena terlihat tanda bercak jamur.

"Saya khawatir kalau terjadi bocor bisa membuat kami terpeleset, karena banyak juga calhaj yang sudah berumur," katanya.

Calhaj lainnya bernama Nana Supena (52) mengeluhkan kondisi kamar tidur yang menampung hingga 12 calhaj sekaligus dalam satu kamar.

"Semuanya tidur di ranjang bertingkat dengan satu kamar mandi yang dipakai lima hingga 10 orang," katanya.

Menyikapi hal itu, Kepala Bidang Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam mengakui adanya kondisi tersebut.

"Proses pengecatan asrama memang tertunda gara-gara anggarannya baru keluar Juni, sehingga tidak sempat mengejar tender. Kalaupun dipaksakan tender, bisa mengganggu agenda pelaksanaan pemberangkatan haji," katanya.

Menurutnya, proses perbaikan kamar penginapan calon haji akan dimulai pascapemberangkatan ke Tanah Suci mulai 27 September 2014. "Setelah semua calhaj berangkat, kita akan mulai pengecatan dan perbaikan 135 kamar jemaah," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement