Kamis 01 Oct 2015 19:29 WIB

Raja Salman Sampaikan Belasungkawa ke Rakyat Iran

Kontainer jenazah di Mina
Foto: Istimewa
Kontainer jenazah di Mina

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Pemerintah Iran dan Saudi mencoba meredakan ketegangan menyusul tragedi Mina. Media Saudi dan Iran mengatakan, pesan bernuansa simpati telah disampaikan pada Rabu kemarin setelah pertemuan Menteri Kesehatan Saudi dan Menteri Kesehatan Iran di Kota Jeddah.

"Pertemuan itu positif, Menteri Saudi mengumumkan rasa bela sungkawa Raja ke pemimpin tertinggi, pemerintah dan rakyat Iran" ujar Menteri Kesehatan Iran Hassan Ghazizadeh Hashemi seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA dan dilansir Reuters, Rabu (1/10).

Iran sangat vokal atas tragedi Mina yang menewaskan sedikitnya 769 orang. Teheran berulangkali menyalahkan Riyadh karena dianggap teledor sehingga insiden saling injak jamaah haji terjadi.

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei telah meminta agar Saudi bertanggung jawab dan meminta maaf.

Jumlah jamaah haji Iran yang wafat terbilang signifikan dalam tragedi Mina. Jika sebelumnya 239, maka data terakhir menyebut jamaah yang wafat mencapai 464 orang.

Bencana Ini merupakan terbesar, sejak gempa bumi Iran yang menewaskan 600 orang pada 2005.  Saudi mengingatkan Iran agar tidak mempolitisir masalah ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement