Rabu 04 Jan 2017 16:33 WIB

Iran Bantah tak Kirimkan Jamaah Haji Tahun Ini

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji sedang berbelanja di toko kecil yang terletak di pinggiran Masjid al-Haram, Makkah.
Foto: Republika/Heri Ruslan
Jamaah haji sedang berbelanja di toko kecil yang terletak di pinggiran Masjid al-Haram, Makkah.

IHRAM.CO.ID, TEHERAN -- Iran membantah adanya kabar yang menyebut bahwa negara tersebut tidak akan mengirimkan calon jamaah haji tahun ini. Iran menegaskan, apabila kondisinya memungkinkan, negara tersebut akan mengevaluasi situasi dan membuat keputusan yang sesuai.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi mengklarifikasi adanya kabar yang menyebut Iran menghentikan ibadah haji warga negaranya ke Arab Saudi. Seperti diumumkan sebelumnya, Iran belum menerima undangan dari Pemerintah Saudi untuk haji tahun ini.

"Tetapi apabila undangan telah kami terima dan kondisinyatepat maka pihak berwenang akan menilai situasi dan membuat keputusan tepat mengenai pengiriman calon jamaah haji Iran ke Makkah,” ujar Ghasemi seperti dikutip dari Mehr News Agency, Rabu (4/1).

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammed Saleh Bentin sudah mulai berdiskui dengan lebih 80 negara, termasuk Iran, mengenai rincan haji 2017. Namun, Kepala Organisasi Haji dan Umrah Iran, Hamid Mohammadi, mengatakan bahwa Arab Saudi belum memberikan undangan untuk partisipasi Iran dalam ritual haji tahun ini.

 

Dia menyebut, setiap organisasi haji Iran terus berupaya mengondisikan agar calon jamaah siap berpartisipasi dalam haji tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement