Selasa 30 Jul 2019 15:05 WIB

Jadi Amirul Hajj, Menag Tiba di Jeddah Sore Ini

Menag Lukman Hakim Saifuddin akan bertolak ke Makkah pada 31 Agustus

Rep: Syahruddin El-Fikri/ Red: Hasanul Rizqa
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).
Foto: Republika/Prayogi
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin delegasi Amirul Hajj dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sebagai Amirul Hajj, Menag yang diiringi rombongan diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada Selasa (30/7) sore waktu Arab Saudi (WAS).

“Menteri Agama akan landing di sini (Jeddah --Red), kemudian transit di Wisma Haji, dan malam menuju Madinah," jelas Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali di Jeddah, Senin (29/7).

Baca Juga

Kedatangan Menag ke Madinah dalam rangka memeriksa kesiapan layanan bagi jamaah haji gelombang kedua. Seperti diketahui, jamaah haji gelombang kedua akan melaksanakan ibadah sunah Arbain di Masjid Nabawi. Dari Madinah, Menag akan bertolak ke Makkah pada 31 Agustus 2019 untuk memantau langsung pelaksanaan puncak ibadah haji.

Penunjukan Menteri Agama sebagai Amirul Hajj, sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. Setiap negara harus menetapkan Ketua Misi Haji yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan ibadah haji negara bersangkutan. Dan itulah yang kemudian dikenal dengan Amirul Hajj.

photo
Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Nizar Ali (tengah), memberikan keterangan pers mengenai kedatangan Menag selalu Amirul Hajj di Bandara Jeddah, didampingi Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat, Senin (29/7). Menag Lukman Hakim Saifuddin akan menjadi Amirul Hajj didampingi 12 anggota rombongan. (Darmawan/MCH)

Dalam kaitan dengan tugasnya tersebut, Menag akan didamping 12 anggota rombongan, yang terdiri atas dua wakil, yakni A. Bunyamin Ruhiyat (PB NU); dan M. Busyro Muqaddas (Muhammadiyah), dan seorang sekretaris (M. Muchlis Hanai).

Selain itu, Amirul Hajj juga akan didampingi delapan anggota yang merupakan perwakilan ormas seperti Hamid Balfas (Al Irsyad Al Islamiyah), Yusnar Yusuf Rangkuti (Al Washliyah), Imam Addaruqutni (DMI), Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar), Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI), Umar Al Haddad (Rabithah al Alawiyah), Ali Machfudon Abdillah (Jatman), dan Pattiselano Roberth Johan (Kemenkes). Amirul Hajj juga akan didampingi dua staf kesekretariatan, yakni Ahmad Zayadi (Kemenag), dan Khoirul Huda Basyir (Kemenag).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement