Kamis 13 Jun 2019 20:15 WIB

1.238 Calhaj Kota Pekanbaru Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Manasik haji Kota Pekanbaru dimulai 13-26 Juni.

Manasik haji.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Lucky R
Manasik haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PEKANBARU— Sebanyak 1.238 calon jamaah haji (Calhaj) Kota Pekanbaru mengikuti bimbingan manasik haji. Manasik berlangsung mulai 13 Juni hingga 26 Juni 2019. 

"Bimbingan manasik dibutuhkan agar saat di Makkah dan Madinah calhaj tidak lagi banyak pertanyaan saat melaksanakan ibadah haji," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Kota Pekanbaru, Dahlan, di pekanbaru, Kamis (13/6).

Baca Juga

Kegiatan manasik perdana ini secara resmi dibuka Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin.     

Menurut dia, sebanyak 1.238 calhaj mengikuti manasik haji perdana tersebut berasal dari lima kloter yakni kloter 2, 4, 5, 6 dan kloter 20 yang nantinya akan dipandu dan dilayani oleh petugas yang telah ditetapkan.

 

Dia mengatakan, setelah menghadiri pembukaan kini, maka selanjutnya jamaah mengikuti manasik di kecamatan dimana ia berdomisili, mulai jam kerja dari jam 07.00 WIB-12.00 WIB.

"Melalui kegiatan bimbingan manasik haji ini diharapkan jamaah Kota Pekanbaru menjadi jamaah mandiri karena petugasnya terbatas. Manasik haji ini bukan hanya memberikan teori dan praktik ibadah haji saja, melainkan juga menginformasikan perkembangan-perkembangan terbaru seputar ibadah haji sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci pada Juli mendatang," katanya.

Kakankemenag Kota Pekanbaru, Edward S Umar, mengajak calhaj untuk tidak stres, memikirkan keluarga yang ditinggalkan di rumah.

"Bergembira, bergembira, tersenyumlah selalu pada saat melaksanakan ibadah haji, ikuti manasik haji dengan benar. Titipkan semuanya pada Allah SWT, luruskan niat insya Allah menjadi haji yang mabrur," katanya.

Sementara itu, Mahyudin mengajak petugas yang akan menyertai jamaah untuk meluruskan niat dan tanggalkan semua status sosial.

"Dengan niat ikhlas yang lurus kepada Allah SWT, akan dimudahkan ibadahnya, dan pulang kembali ke tanah air dengan menyandang ibadah haji yang mabrur," kata dia. 

Sebanyak 1.238 calhaj Kota Pekanbaru diagendakan mulai besok Jumat (14/6) akan mengikuti manasik di tingkat kecamatan yang dipusatkan di delapan titik. 

Jumlah calhaj Provinsi Riau seluruhnya sebanyak 5.359 mengikuti musim haji tahun 1440 H/ 2019. Untuk Pekanbaru sebanyak 1.238 jamaah yang tersebar dari seluruh kecamatan di kota bertuah itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement