Jumat 21 Jun 2019 05:50 WIB

Haji 2019, Tenda Arafah Dilengkapi AC

Pemerintah juga telah menyiapkan genset untuk setiap maktab.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Foto udara deretan tenda-tenda di Kota Mina  Senin (20/8). Jutaan jamaah haji bermalam di dalam tenda ini sebagai rangkaian ibadah haji.
Foto: Sedat Suna/EPA EFE
Foto udara deretan tenda-tenda di Kota Mina Senin (20/8). Jutaan jamaah haji bermalam di dalam tenda ini sebagai rangkaian ibadah haji.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai perbaikan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) untuk ibadah Haji 2019. Salah satunya peningkatan fasilitas di Arafah dengan penambahan Air Conditioner atau AC.

Agar lebih sejuk, tenda di Arafah pada musim haji 1440H/2019M akan dilengkapi dengan air conditioner atau AC ber-freon. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengandalkan mist fan dan AC water cooler.

Baca Juga

"Tahun ini pemerintah bisa menyediakan pendingin AC yang menggunakan freon dan mudah-mudahan ini bisa terlaksana dengan baik," ujar Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Kamis (20/6) lalu.

Menurutnya, pihak Muasasah juga telah mengupayakan agar program ini bisa terlaksana dengan baik. Salah satu upayanya adalah menyediakan satu genset untuk masing-masing maktab.

Ia pun menyebut untuk pelaksanaan haji tahun lalu, setiap genset digunakan untuk dua maktab. Sementara tahun ini, setiap maktab akan disediakan satu genset.

Kebijakan menyiapkan AC berfreon menurut Sri Ilham untuk mengantisipasi suhu udara di Arab Saudi pada musim haji 1440H/2019 mendatang diperkirakan berada pada kisaran 50 derajat celcius.

"Utamanya saat jamaah melaksanakan wukuf. Kalau tahun lalu, masih ada jamaah yang berusaha membuka sisi-sisi tenda karena udara yang panas. Mudah-mudahan tahun ini, dengan adanya AC berfreon, jamaah tidak perlu melakukan itu lagi," lanjutnya.

Selain pemberian AC freon, tenda jamaah haji di Arafah dan Mina pada musim haji 1440H/2019M juga akan diberi nomor. Penomoran ini dilakukan agar jamaah lebih mudah menemukan tendanya selama puncak musim haji berlangsung.

Penomoran tenda akan dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi setelah memperoleh mapping maktab dari Muasassah. Pernyataan ini disampaikan Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

“Kita akan lakukan penomoran setelah mengetahui denah tenda jamaah Indonesia. Karena untuk melakukan penomoran itu kita perlu berdasarkan kondisi real,” ujar Sri Ilham.

Sri Ilham pun berharap jamaah dapat disiplin untuk mengikuti penetapan tenda dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). "Kami berharap masing-masing jamaah menempati tenda yang telah ditetapkan. Ini untuk memudahkan petugas juga dalam memberikan pelayanan selama puncak haji," ujar Sri Ilham.

Ia juga mengimbau jamaah untuk mengantisipasi terkait perbedaan luas tenda di Arafah dan Mina. Tenda Arafah disebut bisa lebih longgar berkisar antara 120 sentimeter hingga 140 sentimeter untuk tiap jamaah. Di Mina ukurannya berkurang, tiap jamaah hanya bisa menempati sekitar 86 sentimeter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement