Rabu 03 Jul 2019 18:04 WIB

Asrama Haji Ngade Ternate Hanya Tampung Calhaj 5 Kabupaten

Penampungan calhaj dari 5 kabupaten karena keterbatasan kapasitas.

Asrama haji (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Asrama haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, TERNATE— Asrama Haji Ngade di Kota Ternate, Maluku Utara (Maluku Utara) yang digunakan sebagai transit bagi calon jamaah haji (calhaj) dari kabupaten/kota di Malut, pada musim haji 2019 hanya melayani calhaj dari lima kabupaten.

"Di Malut ada 10 kabupaten/kota, tetapi JCH yang bisa dilayani di Asrama Haji Ngade hanya dari lima kabupaten karena kapasitasnya terbatas," kata Ketua Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Malut, Alfian Wakatubun, di Ternate, Rabu (3/7).

Baca Juga

Dia mengatakan calhaj yang dilayani di Asrama Haji Ngade itu diprioritaskan dari kabupaten yang jauh dari Ternate, seperti Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Pulau Taliabu, dan Kabupaten Halmahera Timur, sedangkan calhaj dari kabupaten lain memanfaatkan hotel yang ada di Ternate.

Menurut dia, kapasitas Asrama Haji Ngade hanya 280 orang, sementara jumlah calhaj dalam satu kloter yang harus diberangkatkan dalam setiap hari dari Ternate ke embarkasi di Makassar sebanyak 450 orang sehingga sebagian harus ditampung di hotel.

Pihak Kanwil Kemenag Malut bersama Pemprov Malut terus melobi pemerintah pusat untuk menambah kapasitas Asrama Haji Ngade minimal sesuai jumlah satu kloter yakni 450 dan diharapkan hal itu sudah bisa terealisasi pada 2021.

Alfian menjelaskan, meski calhaj dari lima kabupaten/kota yang tidak dilayani di Asrama Haji Ngade harus menginap di hotel sebelum diberangkatkan ke embarkasi haji Makassar, menurut Alfian, mereka tidak mengeluarkan biaya apapun karen semuanya sudah ditanggung oleh pemerintah kabupaten/kota asal calhaj.

Bahkan, untuk biaya embarkasi haji, seperti tiket pesawat dari Ternate ke Makassar pulang pergi dan berbagai biaya lainnya semuanya ditanggung oleh Pemprov Malut dan pemerintah kabupaten/kota asal calhaj dan itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir ini.

Dia menambahkan, PPIHD Malut berhasil melukan lobi ke pisak bandara dan ke Angkasa Pura Makassar untuk mengizinkan calhaj dari Malut saat turun dari pesawat langsung dijemput di tangga pesawat untuk diantar ke asrama haji dan itu karena banyak calhaj Malut berusia lanjut.

Dari 1.321 kuota haji Malut musim haji 2019, kata dia, ada satu calhaj yang batal berangkat karena sakit, namun Kanwil Kemanag Malut sudah mengusulkan penggantinya ke Jakarta agar jumlah calhaj Malut tetap utuh sesuai kuota. 

  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement