Ahad 07 Jul 2019 12:31 WIB

JK Puji Layanan Fast Track Saat Lepas Jamaah Haji Jakarta

JK memuji pelayanan fast track yang sudah tahun kedua diberlakukan untuk jamaah haji

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Jemaah calon haji kloter pertama DKI Jakarta beraktivitas di kamar Asrama Haji Embarkasi Jakarta, di Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (6//7).
Foto: Republika/Prayogi
Jemaah calon haji kloter pertama DKI Jakarta beraktivitas di kamar Asrama Haji Embarkasi Jakarta, di Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (6//7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI Jusuf Kalla melepas keberangkatan jamaah haji kloter pertama embarkasi Jakarta, pada Ahad (7/7). JK melepas para jamaah haji dari terminal 2D Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta menuju Arab Saudi sekaligus menyaksikan proses layanan keberangkatan. Usai melepas jamaah haji, JK memuji pelayanan fast track yang sudah tahun kedua diberlakukan untuk jamaah haji dari embarkasi Jakarta.

"Saya baru saja menyaksikan proses pemberangkatan haji dan juga proses imigrasinya. Saya ingin sampaikan bahwa ini suatu kemajuan yang sangat luar biasa," ujar JK di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Ahad (7/7).

Menurut JK, pelayanan fast track dari Pemerintah Arab Saudi ini dapat memangkas waktu proses keberangkatan bagi jamaah haji Indonesia. Sebab, JK menilai selama ini jamaah haji asal Indonesia harus terlebih dahulu menunggu saat tiba di Bandara di Arab Saudi.

"(Sekarang) tidak perlu lagi menunggu lama di bandara di Saudi dan juga Airport di Jakarta ini semuanya lancar dan itu menghemat waktu dan tenaga dari pada jamaah untuk beribadah," kata JK.

Karenanya, pada kesempatan itu JK pun menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Arab Saudi atas pelayanan fast track. Ia berharap ke depan, pelayanan fast track dapat ditambah untuk embarkasi lain selain Jakarta.

"Tentu pertama saya ingin berterima kasih seperti yang disampaikan tadi bahwa dalam pelayanan haji sebagai pemerintah Saudi dan Raja Salman sebagai penjaga dua kota suci/tanah haram pelayanannya sangat baik," kata JK

Dalam kesempatan itu, JK berkesempatan melihat proses pengecekan paspor para jamaah haji asal embarkasi Jakarta.

Sebelumnya, Berdasarkan data Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Barat, terdapat empat penerbangan untuk calon jamaah haji asal provinsi tersebut pada Ahad (7/7) nanti melalui Masing-masing akan bertolak pada hari tersebut sebagai berikut.

Pada pukul 10.00 WIB (SV 5711) dari Kabupaten Bogor. Pada pukul 12.00 WIB (SV 5713) dari Kabupaten Cianjur. Pada pukul 14.00 WIB (SV 5715) dari Kabupaten Bandung. Terakhir, pada pukul 16.00 WIB (SV 5717) dari Kota Bekasi. Setiap penerbangan akan membawa 405 orang calon jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement