Sabtu 06 Jul 2019 19:57 WIB

Calon Jamaah Haji Pacitan Jalani Tes Hepatitis A

Jamaah yang terdeteksi mengidap hepatitis A akan dirujuk ke RS untuk pengobatan.

Jamaah calon haji memasuki asrama haji embarkasi Surabaya, di Surabaya, Jawa Timur.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Jamaah calon haji memasuki asrama haji embarkasi Surabaya, di Surabaya, Jawa Timur.

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Calon jamaah haji asal Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menjalani tes darah untuk mengantisipasi risiko penularan penyakit hepatitis A. Pacitan berstatus kejadian luar biasa (KLB) hepatitis A.

"Ini untuk mengantisipasi risiko penularan penyakit hepatitis A," ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya Muhammad Budi Hidayat kepada wartawan, Sabtu (6/7).

Baca Juga

Jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Pacitan berjumlah 197 orang. Mereka tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Surabaya, bersama rombongan dari Madiun sebanyak 189 orang dan Kota Surabaya 59 orang.

Rombongan kloter 4 Embarkasi Surabaya telah memasuki Asrama Haji Sukolilo Surabaya, pada sekitar pukul 12.00 WIB siang ini. "Kami segera melakukan tes kesehatan, khususnya terhadap rombongan calon jamaah haji asal Pacitan, yaitu dengan mengambil sampel darah mereka satu persatu, yang selanjutnya diperiksa di laboratorium," ucapnya.

Budi menjelaskan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya adalah hal wajib yang dilakukan terhadap jamaah calon haji. "Bedanya, pemeriksaan jamaah calon haji asal daerah lain tidak melalui tes darah di laboratorium seperti yang kami lakukan terhadap jamaah calon haji asal Pacitan," katanya.

Pemeriksaan hepatitis A terhadap jamaah calon haji asal Pacitan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya dilakukan oleh tim dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya. Menurut dia, seandainya terdapat calon haji asal Pacitan yang terdeteksi mengidap hepatitis A maka selanjutnya akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan.

"Seandainya setelah melalui pemeriksaan laboratorium ada yang positif hepatitis A tetap bisa berangkat ke Tanah Suci setelah mendapat pengobatan. Tentu nanti berangkatnya bersama kloter lain," katanya.

Pemeriksaan laboratorium tidak berlangsung lama. Hanya membutuhkan setengah jam lalu bisa langsung diketahui hasilnya.

"Pemeriksaan ini hanya untuk memastikan agar jamaah bisa berangkat ke Tanah Suci dalam kondisi baik," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement