Rabu 10 Jul 2019 18:09 WIB

Informasi Cuaca Harus Terus Disampaikan kepada Jamaah Haji

Jamaah masih banyak yang terkejut dengan kondisi cuaca di Tanah Suci.

Jamaah haji di tengah cuaca terik (Ilustrasi).
Foto: Republika/mgrol100
Jamaah haji di tengah cuaca terik (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Oleh: Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

JAKARTA -- Ketua PPIH Arab Saudi Endang Jumali meminta sosialisasi kepada jamaah calon haji soal cuaca terus dilakukan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi jamaah menghadapi cuaca ektrem di Arab Saudi.

"Perlu jadi perhatian kita bersama soal sosialisasi tentang cuaca. Di Madinah lumayan ekstrem. Kalau di Makkah 38 derajat celcius di Madinah masih 40 derajat celcius," kata Endang saat ditemui di Kantor Urusan Haji Indonesia di Makkah, Rabu (10/7).

Endang mengatakan, jamaah masih banyak yang terkejut dengan kondisi cuaca seperti ini. Selain itu, mereka belum terbiasa menghadapinya.

"Akibatnya, banyak jamaah yang ketika keluar hotel tidak pakai pelindung seperti payung atau ada yang tidak pakai sandal. Ini masih menjadi kendala," kata Endang.

Sehingga, sosialisasi soal cuaca ini menurut Endang sudah mulai harus dilakukan sejak dari Tanah Air. Hal tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah maupun kelompok bimbingan ibadah haji.

Ditanya soal penyelenggaraan haji yang sudah berlangsung selama lima hari, Endang menilai masih belum menilai. Namun, secara parsial dia menilai pelaksanannya masih lancar.

"Hal tersebut bisa dilihat dari sistem kedatangan fast track di Madinah yang sudah berjalan lancar," kata Endang.

Kemudian, dari sisi kesehatan jamaah, Endang mengatakan secara keseluruhan yang sakit dan dirawat di angkat lima orang. Dan, penyakit yang diderita masih bisa ditangani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement