Kamis 11 Jul 2019 06:21 WIB

Suasana di Masjidil Haram Saat Ini

Jamaah calon haji dari berbagai negara sudah mulai masuk ke Masjidil Haram.

Sejumlah petugas kebersihan sedang membersihkan lantai di halaman Masjidil Haram, Rabu (7/10) dini hari.
Foto: Muhammad Hafil/Republika.co.id
Sejumlah petugas kebersihan sedang membersihkan lantai di halaman Masjidil Haram, Rabu (7/10) dini hari.

IHRAM.CO.ID, Para petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi Daerah Kerja Makkah (PPIH Arab Saudi Daker Makkah) sudah mulai tiba di kota suci pada 9 Juli 2019 malam. Kemudian, setelah sebelumnya ihram di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, petugas yang menyempatkan istirahat sejenak di Kantor Urusan Haji Indonesia di Makkah, mulai melakukan umrah pada Rabu (10/7) dini hari.

Saya, selaku salah seorang anggota Media Center Haji (MCH) di Daker Makkah, menjadi salah satu yang ikut melaksanakan umrah qudum (atau umrah selamat datang) setelah tiba di Makkah. Memasuki Masjidil Haram, suasana masih terlihat tak begitu ramai.

Baca Juga

photo
Petugas kebersihan sedang membersihkan lantai Masjidil Haram

Namun, aktivitas di Masjidil Haram tetap hidup. Di antaranya, begitu memasuki pelataran Masjidil Haram, terlihat puluhan petugas kebersihan membersihkan lantai masjid.

Selain itu, jamaah calon haji dari berbagai negara juga sudah mulai terlihat. Di antaranya, dari Malayia, Bangladesh, dan Turki.

photo
Suana di tempat sa'i.

Selain itu, suasana di Masjidil Haram di dalam juga terlihat masih banyak yang melakukan tawaf dan sai, dan tahalul. Kami menyelesaikan rangkaian prosesi ibadah umrah itu lebih dari dua jam.

photo
Jamaah asal Turki saat sedang minum air Zamzam usai melaksanakan thawaf.
photo
Petugas haji Indonesia yang baru tiba di Makkah dan melaksanakan rangkaian Umrah, sedang mencukur rambut usai melaksanakan sa'i.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement