Senin 15 Jul 2019 17:37 WIB

55 Ribu Jamaah Haji Indonesia Sudah Berada di Madinah

Jamaah haji di Madinah tengah melaksanakan Arbain.

Sejumlah petugas mengangkut dan memindahkan koper jamaah haji ke bus yang akan membawa dari hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ada tiga kloter yang berangkat ke Makkah,  yakni kloter SUB 1, dan BTH 1-2.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Sejumlah petugas mengangkut dan memindahkan koper jamaah haji ke bus yang akan membawa dari hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ada tiga kloter yang berangkat ke Makkah, yakni kloter SUB 1, dan BTH 1-2.

IHRAM.CO.ID, MADINAH— Jamaah haji Indonesia yang telah tiba di Kota Madinah, hingga Senin (15/7) pagi waktu Arab Saudi, telah mencapai 55 ribu orang. Dan sampai Senin malam, jamaah yang akan tiba mencapai 62 ribu orang.

Saat ini sebagian jamaah haji sedang melaksanakan ibadah shalat arbain, 40 waktu di Masjid Nabawi. "Sementara jumlah petugas yang  mendampingi jamaah tercatat 685  orang," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Bandara, Ambari Julianto, di Madinah, Senin (15/7). Mereka itu,  kata dia, adalah petugas haji daerah, petugas kesehatan daerah, dan pembimbing ibadah. 

Baca Juga

Sedangkan untuk jumlah kloter yang tiba sudah mencapai 140 kloter dari 144 yang dijadwalkan Mereka berasal dari seluruh embarkasi haji Tanah Air. Di antaranya,  embarkasi Surabaya (SUB), Solo (SOC), Padang (PDG), Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Lombok (LOP), Palembang (PLM), Batam (BTH), Banjarmasin (BDJ), Medan, Makassar (UPG), dan Balikpapan (BPN).  

Sementara itu, sejumlah jamaah sudah bergerak ke Makkah sejak Ahad (14/7). Sebanyak 1.350 orang mulai meninggalkan Madinah. Pada Senin, ada enam kloter yang menuju Makkah, dan selanjutnya bersiap melaksanakan ibadah haji.  

 

Adapun jamaah haji yang wafat sebanyak empat orang, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun, dan Artapiah Armin Musahab.

 

  

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement