Senin 22 Jul 2019 01:56 WIB

Imam Masjid Al-Haram Doakan Jamaah Haji Indonesia

Imam Masjid al-Haram mendoakan jamaah haji Indonesia diberikan kemudahan.

Imam Masjid al-Haram Syekh DR Hasan bin Abdul Hamid Bukhari.
Foto: Republika/Muhammad Hafil
Imam Masjid al-Haram Syekh DR Hasan bin Abdul Hamid Bukhari.

IHRAM.CO.ID, Oleh Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Imam Masjid Al Haram Syekh DR Hasan bin Abdul Hamid Bukhari mendoakan jamaah haji Indonesia. Imam yang juga dekan Fakultas Bahasa Arab di Universitas Umm Al Qura itu mendoakan jamaah haji Indonesia untuk diberikan kemudahan.

Baca Juga

"Ya Allah, dengan kemurahan-Mu jadikanlah semua haji, haji dari Indonesia maupun haji dari belahan negara Muslim di dunia, telah datang kewajiban haji bagi kalian semoga Allah memberikan kemudahan bagi urusan kalian para haji dan Allah menerima ibadah kalian," ucap Syekh Hasan dalam doanya di kampus Universitas Umm Al Qura, Makkah, Ahad (21/7).

Syekh Hasan juga mendoakan jamaah haji Indonesia agar dilindungi Allah. "Allah pencipta alam semesta. Allah jagalah diri mereka, harta mereka, agama mereka, anak-anak mereka, dan juga negara-negara mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Penjaga dan Engka Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah jadikan haji mereka diterima dan mabrur," ucap Syekh Hasan.

 

Syekh Hasan juga mendoakan agar jamaah haji Indonesia menjadi hamba-hamba yang bersyukur. "Dan jadikanlah mereka hamba-hamba-Mu yang bersyukur. Jadikanlah sa'i-nya sa'i yang diterima, dan diberikan kesehatan wal afiat dan segala hajatnya dipenuhi. Semoga hajinya ikhlas karena Allah ta’alla," ujar Syekh.

photo
Imam Masjid Al Haram Syekh DR Hasan bin Abdul Hamid Bukhari.

Sebelum membacakan doa, Syekh Hasan sempat memberikan kesan positifnya terhadap jamaah haji Indonesia. Dia menilai jamaah haji Indonesia meskipun paling banyak tetapi paling teratur dan rapih.

"Jamaah haji indonesia orangnya rapi, tawadhu, dan rendah hati. Walaupun jumlahnya dari seluruh dunia terbanyak, tetapi rapih dan teratur sehingga mudah bagi pemerintah Arab Saudi dalam melakukan pengaturan dalam  penyelenggaraan ibadah haji," kata Syekh Hasan.

Syekh Hasan mengatakan, jamaah haji Indonesia sudah banyak yang berdatangan ke Kota Makkah. Karena itu, pemerintah Arab Saudi pun sangat senang dan menyambut baik kedatangan jamaah Indonesia untuk melaksanakan salah satu rukun Islam tersebut.

"Mereka adalah tamu-tamu Allah," kata Syekh Hasan.

Tak lupa, Syekh Hasan memberikan pesannya untuk jamaah haji asal Indonesia. Ia meminta jamaah mengingat kembali tujuannya datang ke Kota Makkah, yaitu mewujudkan persatuan umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement