Ahad 14 Jul 2019 15:23 WIB

Sembilan Rute Bus Shalawat Jamaah Haji

Bus shalawat tersebut nantinya akan berorperasi selama 24 jam.

Sejumlah bus terparkir di sekitar hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Sejumlah bus terparkir di sekitar hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji.

IHRAM.CO.ID, Laporan Syahruddin El-Fikri dari Arab Saudi

MADINAH—Jamaah haji Indonesia akan mulai bergerak ke Makkah pada Ahad (14/7) ini. Diperkirakan sebanyak 1350 jamaah mulai meninggalkan Kota Madinah. Selanjutnya jamaah akan berada di Makkah, Arafah, Mina, dan Muzdalifah untuk melaksanakan Ibadah haji.

Baca Juga

Sekretaris Daerah Kerja Madinah, Agus Miroji mnengatakan, jamaah haji Indonesia  nantinya selama di Makkah akan dilayani oleh bus Shalawat Rawahil dan Bus Shalawat Saptco. Adapun jamaah haji Indonesia yang hari Ahad ini bergerak ke Makkah akan menggunakan bus shalawat rawahil. Dan ketika di Makkah nanti, bus tersebut juga akan melayani jamaah.

“Bus ini akan melayani jamaah haji dari hotel ke Masjidil Haram, baik saat pergi maupun ketika kembali ke pemondokan,” ujarnya, Ahad (14/7) pagi di Madinah.

Ia menambahkan, bus shalawat tersebut nantinya akan berorperasi selama 24 jam dan khusus melayani jamaah haji Indonesia. “Setiap bus memiliki kapasitas penumpang sebanyak 70 orang,” ujarnya.

Khusus untuk bus shalawat Saptco, kata dia, akan melayani lima rute. Yakni, Jamarat –Mahbas Jin-Bab Ali, lalu Syisyah Syib Amir, Syisyah-Raudhah-Syib Amir, Syisyah1-Syib Amir, dan Raudhah Syib Amir.

Adapun untuk bus shalawat Rawahil akan melayani rute Syisyah 2-Syib Amir, Jarwal-Syib Amir, Misfalah-Jiad, dan Rea Bakhsy-Jiad. “Semua bus ini memiliki fasilitas AC, tombol darurat pembuka pintu, GPS, alat pemecah kaca,alat pemadam kebakaran, kotak P3K, serta ban anti bocor.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, seluruh jamaah haji akan mendapatkan layanan bus shalawat ini. “Di Makkah nanti, seluruh jamaah akan mendapatkan layanan bus shalawat. Ini sesuai dengan kesepakatan yang sudah diputuskan bersama dengan instansi terkait demi perbaikan pelayanan kepada jamaah haji,” kata Menag Lukman Hakim.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement