Senin 22 Jul 2019 16:31 WIB

Ke Masjid Al-Haram tanpa Alas Kaki? Jangan Ambil Risiko

Jamaah haji banyak yang ke Masjid al-Haram tanpa alas kaki.

Jamaah haji Indonesia yang kakinya melepuh karena tak menggunakan alas kaki ketika keluar Masjid Al Haram.
Foto: Dok MCH
Jamaah haji Indonesia yang kakinya melepuh karena tak menggunakan alas kaki ketika keluar Masjid Al Haram.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Satu hal yang wajib diperhatikan jamaah haji selama berada di tanah suci, terutama saat hendak beribadah di Masjid al-Haram, Makkah, jangan sesekali tidak menggunakan alas kaki. Telapak kaki jamaah asal Indonesia banyak yang melepuh setelah berjalan tanpa alas kaki di Masjid al-Haram dan hal ini menjadi hambatan tersendiri bagi ibadah mereka selanjutnya.

Kepala Seksi Kesehatan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Makkah, dr Muhammad Imran, di Kota Makkah, mengatakan banyak kasus telapak kaki jamaah Indonesia melepuh akibat memaksakan berjalan tanpa alas kaki di kawasan Masjid al-Haram.

Baca Juga

"Ketika sandalnya hilang jamaah bilang seperti ini kalau di Indonesia sudah biasa jalan tidak pakai sandal saat ke sawah dan tambak. Ternyata ketika itu dipaksakan kaki mereka luka dan melepuh,” kata Imran di Makkah, Senin (22/7).

Dia menekankan pentingnya pemakaian alas kaki bagi jamaah karena lingkungan dan kondisi yang sangat berbeda antara di Indonesia dengan di Arab Saudi. “Artinya pemahaman dan informasi kepada kepada jamaah itu sangat penting terutama bagi mereka yang belum pernah keluar daerah dan kini langsung ke negara yang suhunya cukup tinggi. Selain itu banyak juga jamaah kita yang lupa menaruh sandalnya,” katanya.

Untuk itu dia mengimbau kepada jamaah saat kehilangan alas kaki untuk segera menghubungi petugas yang selalu bersiaga di pos-pos di Masjid al-Haram yang berada di sekitar Hijir Ismail maupun di pintu utama Marwah. Sebab Tim Gerak Cepat (TGC) sudah dibekali dan memiliki persediaan alas kaki yang bisa digunakan jamaah.

Namun untuk mereka yang terlanjur mengalami lepuhan di kakinya akan diberikan obat berupa salep khusus yang diharapkan bisa mempercepat proses penyembuhan luka sehingga calon haji bisa kembali beraktivitas dengan baik. “Kalau salep khusus ada untuk penanganan luka melepuh dan biasanya jamaah tidak balik ke hotel karena akan kita bawa ke KKHI untuk penanganan rawat luka di sini,” katanya.

Imran secara khusus berpesan kepada jamaah agar tidak keluar pemondokan sendirian karena kondisi di Makkah sangat berbeda dengan di tanah air dengan iklim dan budaya yang juga lain. Dia juga menyarankan agar jamaah dapat mengukur kondisi dan kemampuan fisiknya sendiri.

“Kalau merasa lelah dan capek istirahat saja. Jangan seperti di Indonesia kalau lelah tinggal duduk ngopi sebentar. Kalau di sini enggak bisa harus benar-benar istirahat yang cukup yakni tidur. Karena suhu di sini cukup tinggi tapi kelembabannya rendah sehingga kita jarang berkeringat,” katanya. Untuk itu dia mengimbau ketika keluar pemondokan, jamaah sebaiknya menggunakan pelindung seperti payung, penyemprot, wajah dan juga pelembab agar kulit tidak kering.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement