Kamis 25 Jul 2019 06:45 WIB

Aktivitas Jamaah Haji di Waktu Senggang, Seperti Apa?

Aktivitas jamaah asal Indonesia di waktu senggang sangat beragam.

Jamaah haji Indonesia
Foto: AP
Jamaah haji Indonesia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas jamaah asal Indonesia di waktu senggang usai rampung beribadah di Makkah sangat beragam ada yang sekadar nongkrong dan ada juga yang berbelanja di toko-toko Indonesia yang umumnya buka musiman selama acara haji.

Amran (70) calon haji Kloter BTH 04 yang tinggal di Hotel 104 kawasan Syisyah, Mekkah, Rabu (24/7) bersama istrinya berbelanja di toko Indonesia yang jaraknya hanya beberapa puluh meter dari pondokannya.

Baca Juga

Toko-toko Indonesia tersebut umumnya merupakan ruko kecil yang biasanya menempel langsung di hotel-hotel tempat tinggal jamaah Indonesia. "Beli baju untuk cucu, tikar untuk persiapan untuk di Arafah," kata Amran yang mendaftar haji sejak 2011 itu.

Ia bersama sang istri, Darwisah (67), yang berbelanja sajadah karena tidak membawa peralatan lengkap dari Tanah Air. "Beli sajadah, banyak di toko lengkap. Soalnya dari Tanah Air enggak bawa bekal. Malas saya bawa yang berat-berat apalagi bawa sambal,"katanya.

Berbeda dengan jamaah Kloter JKG 01 yang sebagian besar berasal dari Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan. Mereka lebih memilih untuk nongkrong dan duduk-duduk di selasar kamar bersama rekan serombongannya untuk membunuh kejenuhan.

"Kami selain beribadah bersama juga selalu kumpul bersama sekadar bercerita dan makan bersama untuk mengobati rasa rindu dengan keluarga di Tanah Air,"kata Dharmono, anggota jamaah Kloter JKG 01

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement