Kamis 01 Aug 2019 13:29 WIB

Lebih 80 Persen Jamaah Haji Indonesia Tiba di Arab Saudi

Hingga Rabu lalu, sebanyak 44 orang jamaah haji Indonesia wafat di Arab Saudi

(Ilustrasi) Jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah.
Foto: REUTERS/Ahmad Masood/
(Ilustrasi) Jamaah haji beribadah mengelilingi Kabah di Masjidil Haram menjelang puncak ibadah haji di Makkah.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Suasana di Kota Makkah, Arab Saudi, diketahui semakin padat lantaran kedatangan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, hingga Rabu (31/7), sebanyak 84 persen jamaah haji asal Indonesia telah tiba di Arab Saudi.

Data yang dirilis pukul 19.00 waktu Arab Saudi (WAS) tersebut menunjukkan sebanyak 445 kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia telah tiba di Arab Saudi melalui Bandar Udara AMMA Madinah dan King Abdul Aziz Jeddah. Seluruh kloter itu membawa sebanyak 179.416 jamaah beserta 2.225 orang petugas. 

Baca Juga

“Sebanyak 442 kloter di antaranya, saat ini telah berada di kota Makkah. Sementara jumlah kloter tersisa yang akan diberangkat dari tanah air berjumlah 84 kloter,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Makkah Nurhanudin, dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Kamis (1/8).

Lebih lanjut Nurhan menyampaikan, data Siskohat menunjukkan, terdapat 9.574 jamaah haji Indonesia yang berusia di atas 75 tahun. Mereka kini telah berada di Arab Saudi. Adapun jumlah jamaah haji yang meninggal dari seluruh dunia sampai saat ini tercatat berjumlah 9.574 orang.

 

Jumlah jamaah haji asal Indonesia yang wafat hingga Rabu (31/7) berjumlah 44 orang.

Terkini, Siti Aminah Takrip Abu, asal Kelompok Terbang (Kloter) 63 Embarkasi Surabaya, diketahui berpulang ke rahmatullah. Sebelumnya, Siti Aminah sempat pingsan saat sedang mendaki Jabal Rahmah, Makkah.

Berikut daftar nama jamaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci hingga Rabu (31/7) sore WIB.

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement