Sabtu 03 Aug 2019 07:00 WIB

900 Muslim Sierra Leone Tunaikan Haji Tahun Ini

Jumlah itu meningkat sebanyak 100 kuota dari tahun sebelumnya.

Rep: Umi Nur Fadillah/ Red: Agung Sasongko
Peta Sierra Leone
Foto: www.worldatlas.com
Peta Sierra Leone

IHRAM.CO.ID, FREETOWN -- Sebanyak 900 Muslim asal Sierra Leone, yang berada di Afrika Barat akan menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Jumlah itu meningkat sebanyak 100 kuota dari tahun sebelumnya.

Kementerian Kesejahteraan Sosial Sierra Leone yang mengawasi urusan keagamaan mengatakan gelombang pertama keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) akan berlangsung pada akhir pekan ini. Tahun lalu, sebanyak 800 visa haji dialokasikan ke Sierra Leone.

Dilansir di Journal du Cameroun pada Jumat (2/8), sudah muncul kekhawatiran ihwal sedikitnya jumlah kuota haji yang dialokasikan untuk Sierra Leone. Sebab, saat ini, banyak Muslim asal Sierra Leone menyatakan keinginannya menunaikan ibadah haji, tetapi belum bisa berangkat.

Pemerintah telah berjanji melakukan negosiasi dengan Saudi untuk penambahan kuota. Namun, Wakil Menteri Kesejahteraan Sosial, Gender dan Urusan Anak, Mohamed Haji Kella mengatakan Saudi hanya memberikan 900 slot haji pada tahun ini.

“Kami memang mengatakan tahun lalu (bahwa) kami akan mengupayakan 1.500 kouta untuk tahun ini ke Makkah, tetapi kami harus sadar, hanya 900 kuota kami,” kata Kella.

Dia menjelaskan sejumlah faktor mempengaruhi pengalokasian kuota haji pada suatu negara, termasuk ketersediaan calhaj yang membayar. Padahal, sejumlah besar warga Sierra Leone mengandalkan dukungan donatur untuk dapat menunaikan ibadah haji. H

al itu merupakan salah satu alasan ihwal mengapa persiapan haji dilaporkan lambat pada tahun ini. Pemerintah mengatakan para donatur tergolong lambat merespon permintaan dukungan pendanaan tersebut. Kendati mengakui kelambatan dalam persiapan ibadah haji, Kella meyakinkan bahwa ibadah haji akan berjalan lancar.

Pemerintah Sierra Leone menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji sebesar 5.000 dolar AS pada tahun ini. Gelombang pertama akan memberangkatakan 450 calhaj pada Ahad (4/8) mendatang. Presiden Julius Maada Bio dijadwalkan akan melepas keberangkatan pertama calhaj di Stadion Nasional di Freetown. Kemudian, gelombang kedua akan berangkat pada Senin (5/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement