Sabtu 03 Aug 2019 06:24 WIB

Petugas Haji Ajak Jamaah Bersihkan Kamar Masing-Masing

Ajakan itu bertujuan mendorong jamaah selalu bergerak dan hidup bersih.

Rep: Umi Nur Fadillah/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji Indonesia
Foto: AP
Jamaah haji Indonesia

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA — Tim petugas haji mengajak jamaah haji membersihkan kamar hotel masing-masing. Kegiatan itu bertujuan mendorong jamaah selalu bergerak dan hidup bersih.

Sektor 9 Daker Makkah mengadakan Gerakan Jumat Bersih yang dilakukan secara serentak di 15 hotel yang berada di kawasan Rei Bakhsy, Makkah pada Jumat (2/8) pagi. Sektor tersebut ditinggali jamaah haji asal embarkasi Banjarmasin (BDJ) dan Balikpapan (BPN).

“Kalau semua bersih tentunya kita akan sehat. Saya kira pembiasaan kebersihan ini tujuannya satu, untuk kesehatan,” kata Kepala Sektor 9 Daker Makkah, Lutfi Yunus dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/8).

Lutfi mengunjungi 15 hotel bersama petugas haji Kementerian Agama (Kemenag) dan petugas kesehatan dari Tim Gerak Cepat (TGC), Tim Promotif Preventif (TPP), serta Tim Sanitasi Daker Makkah. Kendati sudah diumumkan, tetapi masih ada jamaah yang belum tergerak membersihkan kamar hotelnya. Karena itu, petugas mengetuk satu per satu pintu di salah satu hotel. Petugas menyapa dan mengajak jamaah langsung membersihkan lingkungan tempat tinggalnya.

 

Gerakan Jumat Bersih itu diinisiasi Kantor Urusan Haji Sektor 9 Makkah. Petugas ingin mengedukasi dan membangun kebiasaan jamaah selalu menjaga kebersihan. Salah satunya, mengajak jamaah merapikan dan membersihkan kamar, serta membuang sampah dari kamar ke tempat sampah yang disediakan pihak hotel. Dengan begitu, kamar jamaah terawat dan bersih.

Lutfi menjelaskan, jamaah juga memperoleh manfaat lain dengan kegiatan bersih-bersih, yakni mengajak jamaah bergerak atau tidak bermalas-malasan dalam kamar. Dengan itu, gerakan tersebut sejalan dengan program kesehatan membangun Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Penanggung Jawab Tim Sanitasi Daker Makkah, Teguh Dhika merasa cukup terbantu dengan kegiatan gerakan Jumat Bersih. Sebab, berdasarkan laporan tim di lapangan, ada jamaah yang mengonsumsi makanan untuk makan malam saat sarapan.

Koordinator Tim Sanitasi PPIH Arab Saudi, dr. Rosidi Roslan mengapresiasi inisiatif gerakan tersebut. Dia menganggap gerakan Jumat sehat dan bersih dapat menciptakan suasana pemondokan yang kondusif dan bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement