Ahad 04 Aug 2019 04:47 WIB

TGC Petakan Jalur Evakuasi Saat Puncak Haji

TGC melakukan pemetaan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Suasana Armina.
Foto: Republika/Didi Purwadi
Suasana Armina.

IHRAM.CO.ID, Laporan Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi, Sabtu (3/8), melakukan survei ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) yang merupakan lokasi puncak haji. TGC melakukan pemetaan terhadap pos-pos kesehatan dan jalur-jalur evakuasi jamaah dalam keadaan darurat.

Baca Juga

"Kami survei Armuzna yang merupakan tempat kerja yang akan ditempati Tim Mobile Crisis Resque (MCR) bersama Linjam, P3JH, dan teman-teman media. Kita survei pertama di Arafah, kita petakan pemondokan serta enam pos kesehatan yang akan menempati pos-pos ad hoc di tengah pemondokan jamaah," kata Koordinator TGC PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Erick Erwinsyah.

Selain itu, Erick mengatakan melakukan jalur darurat untuk evakuasi jamaah. "Jadi begitu ada jamaah, kita tahu mana jalur terdekat evakuasi," kata Erick.

photo
Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Erick Erwinsyah.

Erick mengatakan juga menyurvei pemetaan di jalur Jamarat. "Kami akan melihat titik-titik krusial di mana kami bisa melakukan pertolongan di titik-titik jamaah bisa tumbang dan mungkin kelelahan karena kepanasan," katanya.

Menurut Erick, pemetaan ini dilakukan setiap tahun. Hal tersebut untuk memperbaharui informasi jika terjadi perubahan.

"Misalnya terjadi pemindahan lokasi. Contoh, di Arafah pos ad hoc berubah dari posisi tahun lalu dengan tahun ini, otomatis pos kita juga berubah, jadi kita melihat pos dan jalur evakuasi kita yang baru," kata Erick.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement