Selasa 06 Aug 2019 10:25 WIB

Mbah Moen Wafat Saat Jalankan Rangkaian Ibadah Haji

Mbah Moen wafat di Makkah sedang menunaikan rangkaian haji.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan / Red: Nashih Nashrullah
Tokoh kharismatik NU, KH Maimun Zubair
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tokoh kharismatik NU, KH Maimun Zubair

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan dan sesepuh dari Nahdatul Ulama, KH Maimun Zubair dikabarkan meninggal di tanah suci pukul 04.15 waktu setempat. Kabar duka tersebut terjadi ketika, Mbah Mun, panggilan akrabnya sedang melakukan rangkaian ibadah haji di Makkah.

Sekjen Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Helmy Faishal, mengatakan, pihaknya juga baru mendapati kabar duka tersebut. Menurut dia, belum ada informasi mendalam penyebab meninggalnya Mbah Mun. “Tetapi beliau wafat ketika melakukan ibadah,” ujar dia kepada Republika.co.id Selasa (6/8).

Baca Juga

Menurut dia, hingga kini belum ada rencana lebih lanjut kapan Mbah Mun dan keluarga akan kembali ke Tanah Air. Kendati demikian, dia mengatakan, ada pihak keluarga yang mendampingi di Makkah.

“Kami masih menunggu keputusan dari keluarga yang mendampingiMbah Mun di sana (Makkah)” kata dia.

Dia menegaskan, Gus Rozin (Abdul Ghoffar Rozin, Staf Khusus Presiden Bidang Keagamaan dalam Negeri khusus pesantren) juga ikut mendampingi di sana. Oleh karena itu saat ini pihaknya hanya bisa menunggu kabar selanjutnya. “Untuk saat ini kami masih akan menunggu,” kata dia.

Sesepuh NU tersebut lahir pada 28 Oktober 1928. Maimun Zubair atau biasa disapa Mbah Mun wafat pada usia 90 tahun di Makkah ketika melakukan ibadah haji.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement