Ahad 28 Jul 2019 19:30 WIB

KKHI Makkah Siapkan 10 Bus untuk Safari Wukuf

KKHI Makkah berharap jamaah yang mengikuti safari wukuf berkurang.

Sejumlah jamaah haji Indonesia yang sudah selesai menjalani perawatan inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah bersiap untuk kembali  pulang ke pemondokannya, Sabtu (27/7). Hampir setiap hari, KKHI Makkah memulangkan 15-20 orang jamaah yang sudah selesai dirawat ke pemondokannya. Hingga dua pekan jamaah haji yang masuk ke Makkah, KKHI sudah menerima 400-an lebih jamaah yang menjalani perawatan.
Foto: Muhammad Hafil/Republika
Sejumlah jamaah haji Indonesia yang sudah selesai menjalani perawatan inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah bersiap untuk kembali pulang ke pemondokannya, Sabtu (27/7). Hampir setiap hari, KKHI Makkah memulangkan 15-20 orang jamaah yang sudah selesai dirawat ke pemondokannya. Hingga dua pekan jamaah haji yang masuk ke Makkah, KKHI sudah menerima 400-an lebih jamaah yang menjalani perawatan.

IHRAM.CO.ID,  Oleh Muhammad Hafil dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah menyiapkan armada pengangkut untuk jamaah yang akan melaksanakan safari wukuf. Namun, belum diketahui berapa jamaah yang akan disafari wukufkan.

Baca Juga

"Jumlah busnya 10. Sementara jumlah yang disafariwukufkan nanti menjelang hari Arafah," kata Kepala Seksi Kesehatan PPIH Daker Makkah, M Imran, Ahad (28/7).

Imran berharap, jumlah jamaah yang disafariwukufkan tahun ini berkurang. Begitupula dengan yang dibadalkan.

 

"Mudah-mudahan berkurang yang disafariwukufkan dan dibadalkan," kata Imran.

Sementara, PPIH Arab Saudi, Ahad (28/7), melakukan survei jalur safari wukuf untuk jamaah haji yang sakit pada 9 Dzulhijah 1440 H mendatang. Tim Konsultan Ibadah akan mendampingi jamaah haji yang melakukan safari wukuf.

Lokasi survei dimulai dari Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Di mana, KKHI adalah titik awal pemberangkatan jamaah haji yang sakit ke Arafah.

Kemudian, tim menyurvei titik-titik yang digunakan untuk safari wukuf. Di antaranya, tempat parkir mobil hingga jalur dari lokasi kembali ke KKHI.

“Perjalanan safari wukuf dimulai dari KKHI Makkah. Dari KKHI, jamaah sudah memakai pakain ihram, bersuci, dan niat,” kata Kepala Bidang Bimbingan Ibadah PPIH Arab Saudi KH Ali Zawawi, Ahad (28/7).

Setiap jamaah akan diangkut dengan satu unit bus ambulans. Mereka akan diberangkatkan pada 9 Dzulhijah 1440 H sebelum Zuhur atau sekitar pukul 11.00 WAS. Jarak dari KKHI ke Arafah sendiri ditempuh paling lama 30 menit.

Dan, lokasi di Arafahnya berada di pinggir jalan. Jika telah selesai di Arafah, mobil tinggal maju sedikit dan belok kanan untuk kembali ke KKHI. Diperkirakan, jamaah safari wukuf akan berada di Arafah selama dua hingga tiga jam. Sementara, waktu Arafah sendiri dimulai sejak matahari tergelincir hingga menjelang matahari terbenam pada 9 Dzulhijah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement