Jumat 30 Aug 2019 12:53 WIB

33 Jamaah Haji Debarkasi Batam Wafat di Tanah Suci

Jamaah calon haji yang meninggal mendapat santunan dan asuransi hingga Rp 125 juta.

Suasana Bandara Hang Nadim, Batam.
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Bandara Hang Nadim, Batam.

IHRAM.CO.ID, BATAM -- Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mencatat, jumlah jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci sebanyak 33 orang hingga Jumat (29/8). Sekretaris PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Afrizal mengatakan, 33 orang haji yang wafat, yaitu 13 orang asal Jambi, sembilan orang asal Riau, tujuh orang Kalimantan Barat (Kalbar), dan empat orang Kepri.

"Kami doakan almarhum dan almarhumah yang dipanggil Allah berikan haji mabrur dan surga di sisi Allah," ujar Afrizal, Jumat

Baca Juga

Kepala Daerah Kerja Makkah PPIH 2019, Subhan Cholid, sebelumnya menyebutkan jamaah calon haji yang meninggal selama pelaksanaan ibadah haji akan mendapatkan santunan dan perlindungan asuransi hingga Rp 125 juta. "Beberapa ketentuan, diantaranya jamaah wafat sejak ke luar rumah sehingga sebelum tiba di rumahnya kembali. Kemudian jamaah mengalami kecelakaan hingga wafat atau cacat tubuh," ujar dia.

Dihubungi secara terpisah, Wakil Ketua I PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Zulkarnain Umar, meminta petugas kesehatan bersiaga saat menjemput jamaah di bandara. "Banyak jamaah kita yang usia lanjut dan risiko tinggi, untuk itu tim kesehatan harus memantau kesehatan jamaah haji saat tiba di bandara," kata dia.

Pihak keamanan juga diminta memperketat pengamanan di asrama, demi menghadapi banyaknya kerabat yang ingin menjemput jamaah.

"Sudah tentu pihak keluarga banyak yang datang untuk menjemput dan melihat orang tuanya atau saudaranya yang baru pulang dari tanah suci ke asrama. Mohon pihak keamanan untuk menertibkan, terutama dalam pengambilan barang bawaan jamaah," kata dia beberapa waktu lalu. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement