Senin 09 Sep 2019 23:20 WIB

314 Petugas Haji Indonesia Daker Makkah Kembali ke Tanah Air

Operasional Daker Makkah telah selesai.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Subhan Cholid
Foto: Muhammad Hafil / Republika
Kepala PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Subhan Cholid

IHRAM.CO.ID, 

JAKARTA -- Rangkaian ibadah haji 1440 H telah berakhir. Para jamaah haji pun berangsur-angsur kembali ke Tanah Air.

Baca Juga

Setelah bertugas selama 62 hari, 314 petugas haji Indonesia kembali ke Tanah Air, Senin (9/9). Mereka adalah bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440H/2019M yang bertugas di Daerah Kerja Makkah.  

"Selamat kembali ke Tanah Air dan bertemu dengan keluarga tercinta," ujar Kepala Daerah Kerja Makkah, Subhan Cholid saat mengantar kepulangan para pelayan tamu Allah SWT ini, di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Senin (9/9).

Kepulangan para petugas ini dilakukan seiring dengan telah berakhirnya masa operasional haji Daker Makkah, pada Jumat, (6/9) kemarin. "Ya, dengan berakhirnya masa operasional Daker Makkah, maka secara bertahap para petugas pun kembali ke tempat asalnya," ujar Subhan Cholid.

Menurut Subhan, jumlah petugas Daerah Kerja Makkah berjumlah 1.280 orang. Petugas ini terdiri dari 468 petugas PPIH Arab Saudi, 312 tenaga pendukung, 200 petugas bus shalawat, 163 tenaga kesehatan, serta 137 tenaga pendukung kesehatan. 

Petugas Daker Makkah rata-rata memiliki durasi penugasan selama 62 hari. Ini lebih cepat dibandingkan petugas pada Daker Madinah dan Bandara yang memiliki durasi waktu penugasan selama 76 hari. 

"Petugas PPIH yang diberangkatkan dari Indonesia pulang pada tanggal 8 dan 9 September. Tenaga pendukung, petugas bus shalawat, dan lain-lain yang terdiri dari mukimin dan mahasiswa juga pun secara bertahap kembali ke rumah dan kampusnya masing-masing," lanjutnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement