Kamis 22 Aug 2019 18:45 WIB

Wagub Sumbar Sampaikan 3 Ciri Haji Mabrur

Ciri haji mabrur antara lain saleh spritual dan sosial..

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah
Jamaah haji turun dari pesawat setibanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatra Barat (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jamaah haji turun dari pesawat setibanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatra Barat (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PADANG— Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, turut menyambut kedatangan jamaah haji Debarkasi Padang. Ia mengucapkan selamat kepada jamaah yang kembali ke Tanah Air dengan selamat. 

Nasrul berharap para jamaah menjadi haji yang mabrur yang semua amal ibadahnya diterima Allah SWT. 

Baca Juga

Nasrul mengatakan ada tiga ciri-ciri jamaah haji yang mabrur. Pertama adalah tercermin dari aspek kepribadian. 

"Orang yang mabrur hajinya akan melestarikan amalan-amalan baik yang selalu dilakukan di Tanah suci dengan tetap menerapkan amalan tersebut setiba di Tanah Air," kata Nasrul, Kamis (22/8).

 

Kedua, lanjut mantan Bupati Kabupaten Pesisir Selatan itu adalah dari aspek ubudiyah. Yakni ditandai dengan meningkatnya kualitas ibadah jamaah haji tersebut kepada Allah. Seperti ibadah shalat, puasa, zakat, dan amalan-amalan sunah lainnya. 

Ketiga, ciri haji yang mabrur menurut Nasrul ialah dari aspek sosial. Yakni adanya perubahan dari perilaku seseorang dari sebelum menunaikan ibadah haji dan sesusah melaksanakan ibadah haji. 

"Dapat dilihat dengan perubahan perilaku sebelum dan susudah haji sehingga para haji dan hajjah ini menjadi panutan ditengah masyarakat," ujar Nasrul. 

Nasrul berpesan kepada jamaah agar setelah tiba di kampung halaman masing-masing agar menceritakan pengalaman berhaji kepada sanak famili. Dengan tujuan menumbuhkan semangat berhaji kepada umat Islam.

Seperti diketahui hingga hari ini, PPIH Embarkasi Padang telah memulangkan sebanyak lima kelompok terbang (kloter) jamaah dari Arab Saudi. Pemulangan jamaah masih akan terus berlanjut sampai 3 September nanti.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement