Jumat 24 Jan 2020 10:35 WIB

DPR Temui Menteri Haji Arab Saudi Minta Tambahan Kuota Haji

Menteri Haji Arab Saudi mempertimbangkan tambahan kuota haji.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
DPR Temui Menteri Haji Arab Saudi Minta Tambahan Kuota Haji. Foto: Jamaah haji sholat Jumat di Padang Arafah
Foto: Khalil Hamra/AP Photo
DPR Temui Menteri Haji Arab Saudi Minta Tambahan Kuota Haji. Foto: Jamaah haji sholat Jumat di Padang Arafah

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA--Romobongan anggota legislatif yang dipimpin Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Muhammad Saleh Bin Taher Benten, pada Kamis (23/1). Pertemuan membahas tentang kuota haji Indonesia untuk tahun 2020.

Dalam kunjungan itu Azis Syamsuddin menyampaikan tentang penambahan kuota, biaya visa dan pelayanan haji lainnya. Azis mengharapkan agar kuota jamaah haji untuk Indonesia ditambah menjadi 250.000 jamaah.

Baca Juga

Dalam pertemuan itu, Menteri Haji Arab Saudi menyampaikan kemungkinan ditambahnya kuota haji Indonesia setelah penandatanganan MoU antara Menteri Agama RI dengan Menteri Haji Arab Saudi pada bulan Desember 2019 yang lalu sebesar 221.000 jamaah.

"Menteri Haji Arab Saudi menyampaikan bahwa terbuka kemungkinan penambahan kuota untuk tahun 2020 ini. Sekarang ini, pihak Arab Saudi telah membagi sesuai dengan negaranya," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI  Ace Hasan Syadzily melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/1).

 

Ace yang ikut dalam pertemuan itu menuturkan, setelah selesai pembagian sesuai MoU, Menteri Haji Arab Saudi yang juga Ketua Pembagian Kuota Haji menyampaikan akan mengalokasikan kuota kembali dengan memprioritaskan penambahan untuk jamaah haji Indonesia.

Syeikh Muhammad Saleh Bin Taher Benten juga menyampaikan apresiasinya kepada jamaah haji Indonesia merupakan jamaah haji yang tertib, disiplin dan paling taat dalam pelaksanaan haji setiap tahunnya.

“Beliau menyampaikan ucapan terima kasihnya sebesar-besarnya, baik atas nama pribadi maupun Menteri Haji Arab Saudi, kepada jemaah haji Indonesia yang telah menunjukan kedisiplinan, tertib dan ramah," katanya

Pemerintah Arab Saudi akan terus meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji seluruh dunia. Saat ini, kata Menteri Haji Arab Saudi, sudah merancang tenda bertingkat di area Mina agar dapat menampung jumlah jamaah haji yang lebih banyak lagi. Selain itu, Taher Banten mengatakan saat ini sedang memperbanyak toilet di area Arafah dan Mina.

Ace menuturkan konjungan Pimpinan Komisi VIII DPR RI ini diketuai Muhammad Ihsan Yunus, Laksma (Purn) Moekhlas Sidik dan didampingi Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abigabriel, Sekjen Kementerian Agama RI, Nurcholis dan Dirjen Haji Kemenag RI, Nizar Ali. 

photo
Mengenal kuota haji (Infografis)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement