Rabu 29 Jan 2020 14:44 WIB

Duterte Tunjuk Amirul Hajj Filipina untuk Musim Haji 2020

Saidamen Pangarungan ditunjuk sebagai amirul hajj Filipina 2020.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk amirul hajj Filipina untuk Musim Haji 2020
Foto: Linus Escandor/Pool Photo via AP
Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk amirul hajj Filipina untuk Musim Haji 2020

IHRAM.CO.ID, MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menunjuk penanggung jawab perjalanan haji 2020 (amirul hajj). 

Dia memilih Sekretaris Komisi Nasional Muslim Filipina (NCMF) sebagai Amirul Hajj tahun ini. Penunjukan Amirul Hajj ini dilakukan Duterte dengan menandatangani surat pada Selasa (21/1) lalu. Saidamen Pangarungan dipilih sebagai Kepala Misi Haji 2020.

Baca Juga

Pangarungan disebut pernah menjabat sebagai Gubernur Lanao del Sur dari periode 1988 hingga 1992. Ia lalu dipilih Duterte sebagai Sekretaris NCMF pada Juli 2018. 

Dilansir di Manila Times, sebagai kepala NCMF, Pangarungan sebelumnya juga ditunjuk sebagai Amirul Hajj untuk perjalanan ibadah haji tahunan ke Makkah, Arab Saudi.  

Menurut NCMF, seorang Amirul Hajj adalah orang yang mengepalai delegasi perjalanan ibadah haji Muslim Filipina ke Makkah, Arab Saudi. Secara hukum jabatan ini juga disebut sebagai kepala Komisi.

"Amirul Hajj yang ditunjuk harus memiliki pengetahuan tentang proses ibadah haji. Selain itu dia memiliki keterampilan administrasi dan manajerial yang mapan," ujar NCMF dilansir di Manila Times, Rabu (29/1).

Ibadah haji merupakan perjalanan yang dilakukan umat Islam ke Makkah, Arab Saudi. Perjalanan ibadah ini sebagai salah satu dari rukun Islam, yakni rukun kelima.  Setiap Muslim yang sudah dewasa dan mampu wajib melakukan haji sekali seumur hidup. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement