Kamis 05 Mar 2020 08:40 WIB

House of Representatives AS Setujui Anggaran Virus Corona

AS alokasikan 8,3 miliar dolar AS untuk memerangi penyebaran virus Corona

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
AS alokasikan 8,3 miliar dolar AS untuk memerangi penyebaran virus Corona. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/How Hwee Ypung
AS alokasikan 8,3 miliar dolar AS untuk memerangi penyebaran virus Corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- House of Representatives Amerika Serikat (AS) menyetujui anggaran 8,3 miliar dolar AS untuk memerangi penyebaran virus Corona dan mengembangkan vaksinnya, Rabu (4/3). Rencana sebelumnya pemerintah hanya mengajukan dana 2,5 miliar dolar AS kepada Kongres.

Anggaran tersebut akan digunakan termasuk untuk memperluas pengujian virus yang telah menginfeksi setidaknya 129 orang di AS. Sedangkan laporan dua kematian kembali terjadi sehingga jumlah korban meninggal menjadi 11 orang.

Baca Juga

Sesaat sebelum pemungutan suara, empat pemimpin Demokrat dan Republik teratas di Kongres menerima pengarahan singkat tentang rencana darurat untuk Kongres jika ada wabah virus Corona di Washington. Diperkirakan tiga juta orang datang melalui Pusat Pengunjung Capitol setiap tahun.

Dengan Gedung Putih mendukung upaya itu, para pemimpin Kongres bekerja melakukan penyetujuan dengan cepat. Kondisi ini bisa membuat Presiden Donald Trump menandatanganinya menjadi undang-undang pekan ini. "Kita harus segera membuat undang-undang ini. Hidup sedang dipertaruhkan," kata Ketua Komite Pengalokasian Rumah, Nita Lowe.

Di bawah RUU itu, lebih dari tiga miliar dolar AS akan dikhususkan untuk penelitian dan pengembangan vaksin virus corona, alat tes, dan terapi. Hingga saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus tetapi pasien dapat menerima perawatan suportif.

Perwakilan Partai Republik Matt Gaetz mengatakan AS bersiap-siap dalam produksi alat tes virus. "Kami tidak berada di tempat yang kami inginkan. Wakil presiden menjelaskan bahwa kita harus mendapatkan lebih banyak aset pengujian," ujarnya.

Dalam upaya untuk membantu mengendalikan penyebaran virus di luar AS, dana 1,25 miliar dolar AS akan tersedia untuk upaya internasional. Virus yang menyebar cepat yang muncul akhir tahun lalu di China tengah dan sekarang tersebar di sekitar 80 negara.

Pemerintah negara bagian dan lokal akan menerima 950 juta dolar AS untuk mendukung pekerjaan dalam memerangi virus itu. Ketua Komite Alokasi Senat Richard Shelby menyebut RUU itu respons agresif dan komprehensif terhadap krisis.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement