Ahad 12 Apr 2020 19:15 WIB

Tambah 12 Kasus, Positif Corona di Sumbar Jadi 44 Orang

Penambahan terbanyak berasal dari Kota Padang.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat Jasman Rizal mengatakan hingga Ahad (12/4) siang pukul 13.00 WIB jumlah pasien positif virus Corona di Sumbar mencapai 44 orang. Menurut, Jasman hari ini ada penambahan pasien positif sebanyak 12 orang.

"Pada hari ini terjadi lonjakan tambahan positif Covid-19 sebanyak 12  orang di Sumbar. Yang terbanyak itu tambahan dari Kota Padang sebanyak 10 orang, Mentawai 1 orang dan Pasaman 1 orang," kata Jasman.

Baca Juga

Jasman menjelaskan dari Kota Padang ada satu keluarga yang positif  beranggotakan lima orang. Kelimanya masih dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), sehingga mereka hanya isolasi mandiri di rumah yang diawasi secara ketat oleh tim kesehatan.

Keluarga ini menurut Jasman terpapar karena kontak dengan anggota keluarganya yang sebelumnya telah dinyatakan positif. Salah seorang dari mereka juga berusaha dan berjualan di pasar Raya Padang. Sekarang tim kesehatan telah melacak sejarah kontak mereka di pasar raya tersebut. Sementara lima orang lagi adalah pasien PDP yang telah dirawat di M Jamil.

 

Pasien positif lain satu  orang dari Mentawai, merupakan mahasiswi yang baru pulang dari Jakarta. Yang bersangkutan dirawat di RSUD Kepulauan Mentawai dan diawasi ketat oleh tim kesehatan.

Satu orang lagi dari Pasaman, laki-laki 35 tahun, merupakan menantu dari pasien pertama dari Pasaman. Sekarang mereka isolasi mandiri. Namun karena adanya kekhawatiran warga sekitar terpapar covid-19,  maka Pemkab Pasaman berupaya mencari tempat karantina terdekat dari Pasaman.

"Tadi kami telah menawarkan kepada Pemkab Pasaman melalui Sekdanya berbagai lokasi karantina provinsi dan kalau memang diperlukan agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov Sumbar," ucap Jasman.

Jasman menjabarkan data secara keseluruhan, yang telah dinyatakan positif covid-19 adalah 44 orang dengan rincian 15 orang dirawat di rumah sakit rujukan,  19 orang isolasi di rumah, sudah sembuh 7 orang dan meninggal dunia 3 orang.

"Di lain pihak, hari  ini kita juga patut bersyukur kepada Allah SWT,  bahwa telah ada tambahan pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh oleh tim kesehatan RS M Jamil, yaitu pasien dari Pesisir Selatan. Artinya, telah dua orang pasien dari Pessel dinyatakan sembuh. Total yang telah sembuh menjadi 7  orang," ucap Jasman.

Dari laporan berbagai rumah sakit rujukan yang merawat pasien positif covid-19 lanjut Jasman secara umum dinyatakan berangsur pulih dan membaik.

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar hingga siang ini tercatat sebanyak 5.118 orang. ODP yang masih proses pemantauan 1.012 orang dan sudah selesai Pemantauan 4.106 orang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  di Sumbar kini sebanyak 151 orang. Dari 151 PDP tersebut, 27 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Sisanya sebanyak 98 orang sudah dinyatakan  negatif dan isolasi diri di rumah 26 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement