Sabtu 09 May 2020 06:22 WIB

Cara Masjid di Houston AS Bantu Penanggulangan Covid-19

Sejumlah masjid di Houston ikut mmebantu penanggulangan covid-19.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Cara Masjid di Houston AS Bantu Penanggulangan Covid-19. Foto: Ilustrasi masjid di Amerika.
Foto: icnbm.org
Cara Masjid di Houston AS Bantu Penanggulangan Covid-19. Foto: Ilustrasi masjid di Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON -- Setelah banyak masjid di wilayah Houston, Amerika Serikat tetap ditutup selama pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), umat Islam harus menemukan cara alternatif untuk merayakan Ramadhan tahun ini. Untuk itu, terdapat sejumlah masjid di Houston yang mengisi Ramadhan mereka dengan ikut serta menanggulangi Covid-19.

Dilansir di Chron, Sabtu (9/5), Islamic Society of Greater Houston (ISGH) mengumumkan bahwa sejalan dengan bimbingan dari pejabat kesehatan masyarakat, ISGH memutuskan untuk menutup masjid-masjid meskipun ada perintah eksekutif negara yang mengizinkan layanan in-person.

Baca Juga

Para pejabat ISGH merasa bahwa membuka kembali masjid itu masih merupakan keputusan prematur dan tetap melanjutkan penutupan masjid. Mereka mematuhi prinsip Islam untuk menghindari Covid-19. Untuk itu sejak hari pertama Ramadhan 2020, pihak masjid melakukan upaya-upaya penanggulangan Covid-19 yang kreatif.

Misalnya, tak sedikit masjid di Houston yang memberikan kuliah melalui aplikasi online untuk menjaga masyarakat tetap terlibat di rumah. Masjid-masjid di wilayah itu juga menghimpun serta mendistribusikan sumbangan makanan dan uang untuk membantu penanggulangan Covid-19.

 

"Kami melakukan banyak kegiatan amal melalui donasi online dan berbagai organisasi amal," kata Presiden Islamic Society of Greater Houston Sohail Syed.

Menurutnya, saat ini adalah momentum untuk saling memberi.  Syed menjelaskan bahwa umat Islam biasanya melakukan banyak kegiatan amal selama Ramadhan. Sebab melakukan sedekah atau amal di bulan Ramadhan akan diganjar dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Dia menambahkan bahwa pusat-pusat Islam di sekitar kota sedang membagikan makanan untuk orang yang membutuhkan.

Direktur Pengembangan ISGH Rodwaan Saleh mengatakan, setiap malam di Synott Road Islamic Center di Sugar Land, mobil yang telah melintas saat berbuka puasa dipersilakan mengambil piring yang berisi lauk pauk untuk berbuka secara gratis. Caranya seperti halnya layanan drive thru restoran.

Namun demikian dia pun berkata, pembagian makanan itu bukan hanya diperuntukan bagi kaum Muslim saja. Kalangan di luar Muslim juga sangat diperkenankan mengambil makanan tersebut.

“Mereka mungkin tidak mampu membeli makanan yang dimasak. Bagi mereka yang bukan Muslim, kami tidak akan pernah bertanya apakah anda seorang Muslim atau bukan. Selama anda berada di antrean, anda mendapatkan sepiring makanan," kata Saleh. 

Sejak didirikan pada tahun 1969, ISGH mengoperasikan 22 pusat Islam dan Musallas di seluruh wilayah Houston. Pusat-pusat Islam di wilayah Houston barat laut seperti Cypress Islamic Center, Champions Islamic Center, Bear Creek Islamic Center, dan Adel Road Islamic Center mulai mengalirkan layanan Ramadhan kepada umat Islam akhir bulan lalu melalui Zoom dan Facebook.

Dengan melepaskan layanan tatap muka, ISGH berusaha memenuhi tugasnya untuk membantu mengendalikan penyebaran virus.

"Ini adalah peristiwa khusus yang diperbolehkan dalam agama Islam untuk melindungi umat manusia. Sebab kehidupan manusia sangat berharga," kata Syed.

Memberikan bantuan

Syed ingin semua orang dari kepercayaan Muslim untuk mempraktikkan agama dengan kemampuan terbaik mereka dari rumah dalam keadaan saat ini. Namun dia juga mengimbau agar umat Muslim tetap mengikuti kewajiban moral mereka untuk membantu sesama warga.

Pada (26/4) lalu, ISGH menyelenggarakan Distribusi Makanan Ramadhan untuk masyarakat yang kurang terlayani yang mengalokasikan lebih dari 1.400 kotak bahan makanan dengan Walikota Sylvester Turner yang hadir di Masjid Taleem Muhammad di Houston.

Makanan pokok didistribusikan melalui tujuh pusat Islam di sekitar Houston, termasuk Bear Creek Islamic Center dengan tujuan membantu keluarga setempat.

"Karena Covid-19, banyak orang kehilangan pekerjaan dan pusat-pusat Islam ini terbuka untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh kota, di mana saja, yang membutuhkan,” kata Syed.

Pusat Bear Creek diorganisasikan untuk menjaga jarak sosial yang aman pada hari Minggu itu dengan mobil-mobil yang dikendarai, membuka koper dan relawan menempatkan barang-barang di dalam mobil.

Direktur Pusat Islam Bear Creek Azmi Alwan mengatakan bahwa pusat tersebut telah menjadi basis yang kuat melalui masa-masa sulit sebelumnya, seperti melindungi lebih dari 30 keluarga selama Badai Harvey. Jadi, ketika pandemi melanda komunitas mereka, mereka siap membantu.

"Bukan hal baru bagi kami untuk membantu komunitas karena kami milik komunitas ini," kata Alwan.

Selama Ramadhan, Bear Creek biasanya menyajikan sekitar 400 makanan setiap akhir pekan untuk masyarakat tetapi karena mereka tidak dapat memasak tahun ini, mereka memutuskan untuk membagikan lebih dari 200 kotak makanan. Setiap kotak berisi 13 item dengan persediaan yang cukup untuk sekitar dua minggu.

Datang bersama

Alwan mengatakan bahwa restorannya, Mediterranean Mediterranean Food & Sweets, juga terus menghormati inisiatif mereka bahwa jika seseorang tidak mampu membeli makanan, mereka dapat mampir dan mengambilnya secara gratis. Dia mengatakan mereka telah menyajikan makanan untuk hingga 20 orang per hari.

"Jika anda tahu seseorang yang tidak mampu makan, anda dapat memberitahu kami. Tidak masalah, karena kami masih melakukan inisiatif memberikan makanan bagi yang tidak mampu hingga saat ini," kata Alwan.

Beberapa pusat Islam bermitra dengan Houston Food Bank dengan truk makanan datang seminggu sekali ke masjid-masjid seperti pusat Jalan Synott di Sugar Land.

Pihak ISGH menunjuk daerah-daerah di sekitar masjid di mana orang-orang benar-benar membutuhkan. Hal itu bertujuan untuk memusatkan mereka pada lokasi-lokasi tersebut dengan mengetahui bahwa keluarga yang lebih layak akan datang.

Ketika menghubungi orang-orang untuk mengambil bantuan seperti sekantong beras dan kartu hadiah Visa, ISGH akan memeriksa database dan dokumen mereka. ISGH menargetkan bantuan tersebut kepada beberapa sektor, antara lain keluarga dan individu tertentu yang memiliki sangat sedikit makanan, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang penyandang cacat.

ISGH juga mengatakan bahwa komunitas Muslim telah melakukan hal-hal seperti melayani makan siang untuk profesional perawatan kesehatan di rumah sakit, dan berbagai pusat Islam akan terus menyediakan hingga 500 makanan per hari. Selain itu, diberikan juga tambahan kartu hadiah untuk membantu orang yang membutuhkan.

IGSH juga meminta seluruh komunitas Muslim Houston untuk bersatu. Bahu-membahu melawan Covid-19 dan menanggulanginya secara bersama-sama. ISGH juga meminta anggota pusat Islam untuk menyumbang dan membantu masjid mereka dengan upaya seperti membantu mereka yang membutuhkan makanan dan bantuan keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement