Senin 25 May 2020 07:24 WIB

Cara Agar Kue Kering Lebaran Awet dan Tak Berjamur

Cara Agar Kue Kering Lebaran Awet dan Tak Berjamur

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Kue kering Lebaran saat pandemi mungkin akan tersisa banyak karena halalbihalal terbatas.

Hal itu menimbulkan pertanyaan, bagaimana kue kering seperti nastar, putri salju, kue kacang, hingga kastengel, tahan lama saat disimpan?

AYO BACA: 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Lapar

AYO BACA: 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Lapar

AYO BACA: 8 Manfaat Kurma untuk Kesehatan

"Ini adalah fenomena yang sering terjadi, membuat nastar dan kue kering lainnya bertoples-toples, tapi karena nggak ada yang makan akhirnya jadi berjamur karena terlalu lama disimpan. Apalagi sekarang Lebaran tidak terima tamu karena pandemi Covid-19," ujar Chef Bahran, Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort beberapa waktu lalu dalam diskusi daring.

Dia mengatakan, salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan memperbaiki penggunaan tepung adonan untuk membuat kue. Pastikan Anda menggunakan tepung yang berkualitas agar kue menjadi tahan lama.

AYO BACA: Penderita Diabetes Bisa Makan Kolak, Tapi dengan Aturan Ini

AYO BACA: Tips Manfaatkan THR dengan Bijak dari Ahli Ekonomi

AYO BACA: Ini Penyebab Kebakaran dan Cara Mencegahnya

"Tipnya adalah jangan gunakan tepung curah. Gunakan tepung yang dikemas dan bermerek," paparnya.

Termasuk dalam pemilihan mentega dan bahan-bahan lain, usahakan tidak menggunakan bahan yang curah, untuk menghindari kontaminasi zat lain.

Selanjutnya, meskipun Chef Bahran setengah berkelakar, menaruh kue di lemari pendingin juga akan membuat kue menjadi lebih tahan lama selama beberapa minggu.

"Setelah matang, simpan sebagian nastar atau kue Lebaran di kulkas supaya awet sampai Lebaran haji," tuturnya seraya berkelakar.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement