Rabu 03 Jun 2020 20:38 WIB

Pandemi Covid-19 Memaksa Sepak Bola Berinovasi

Menonton bola dengan konsep drive-in jadi tren terbaru.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Fans menonton pertandingan Superliga Denmark antara FC Midtjylland melawan AC Horsens dari mobil mereka di bioskop drive-in di luar MCH Arena, Herning, Denmark, Senin (1/6). Manajemen klub FC Midtjylland mengizinkan suporter menonton pertandingan sepak bola dengan konsep drive-in untuk mencegah penularan virus Covid-19
Foto: Petter Arvidson/BILDBYRAN
Fans menonton pertandingan Superliga Denmark antara FC Midtjylland melawan AC Horsens dari mobil mereka di bioskop drive-in di luar MCH Arena, Herning, Denmark, Senin (1/6). Manajemen klub FC Midtjylland mengizinkan suporter menonton pertandingan sepak bola dengan konsep drive-in untuk mencegah penularan virus Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, HERNING -- Memiliki lahan parkir yang luas membuat manajemen klub Liga Denmark, FC Midtjylland, mampu menelurkan terobosan baru: mengizinkan suporter menonton pertandingan dengan konsep 'drive-in'.

Konsep tersebut sejatinya merupakan istilah yang populer di era '50-an ketika orang-orang menonton film layar lebar dari mobil masing-masing di dalam suatu lahan yang luas. Namun kini, konsep itu kembali diadaptasi untuk menyaksikan laga sepakbola di Denmark untuk mencegah penularan virus corona. 

Untuk pertama kalinya di Denmark, FC Midtjylland mempertontonkan laga dengan konsep tersebut saat melawan AC Horsens, Senin (1/6) waktu setempat. Dua layar besar dipasang di tempat parkir mobil, lalu mengundang suporter datang dengan mobil masing-masing. Tak lupa, cuap-cuap komentator pertandingan disiarkan melalui saluran radio yang bisa didengar di mobil. 

Seperti diberitakan BBC Sports, lebih dari 2.000 mobil memadati lahan parkir stadion MCH Arena di kota Herning, dalam pertandingan kelima Liga Denmark setelah kompetisi domestik terhenti akibat pandemi Covid-19. Pemerintah setempat masih melarang penonton berkerumun di tribun stadion dalam sebuah ajang olahraga. 

Manajemen FC Midtjylland dikabarkan juga menyediakan lahan  parkir di luar wilayah stadion di seputar kota Herning agar suporter dapat menonton di layar lebar. Setiap mobil pun hanya diizinkan berisi maksimal lima orang dan hanya dibolehkan membuka satu jendela.

Setelah mobil terparkir rapi, penonton akan diarahkan mengatur saluran radio tertentu untuk mendengarkan komentator pertandingan melalui pengeras suara. Tidak disebutkan apakah pihak klub mematok harga tiket untuk menonton dengan konsep 'drive-in' ini.

Meski mengusung tema inovatif, suporter tuan rumah harus gigit jari karena tim tamu berhasil mencuri poin penuh di kandang lawan. Gol tunggal Louka Prip di menit ke-36 mengunci kemenanan AC Horsens hingga peluit panjang berbunyi. 

Walaupun kalah, FC Midtjylland masih kokoh di puncak klasemen dengan selisih 12 poin dari penghuni peringkat kedua, FC Coppenhagen. 

"Ini bukan awal yang kami impikan. Namun ini adalah kerangka dari apa yang bisa dikerjakan saat ini. Terima kasih," cuit FC Midtjylland dalam akun Twitter resmi mereka, dikutip Sportsfinding, Selasa (2/6). 

Selain konsep 'drive-in', inovasi berbeda juga dilakukan di belahan Denmark lain. Dalam laga yang mempertemukan AGF Aarhus melawan Randers di stadion Ceres Park, beberapa hari lalu, manajemen klub AGF Aarhus mempersilakan penonton 'hadir' di stadion menyaksikan pertandingan lewat siaran langsung melalui aplikasi Zoom. 

Ribuan suporter pun tak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Sebab, pihak klub menampilkan wajah penonton di layar yang dipasang di tribun stadion. Tuan rumah menyebut konsep ini sebagai 'Tembok Zoom'.

Langkah ini diambil untuk tetap menghadirkan dukungan terhadap pemain yang berlaga tanpa meningkatkan risiko penularan virus corona. Sepak bola Denmark sempat vakum selama kurang lebih dua bulan sejak Maret. 

Seperti diberitakan ABC, pentonton memakai atribut suporter meski hanya menonton di ruang tamu. Beberapa dari mereka juga terlihat gembira ketika pemain Randers FC, Simon Piesinger mencetak gol di menit ke-36 lewat cungkilan dari jarak 35 meter. 

Tak ingin takluk di kandang, tuan rumah pun menyamakan kedudukan hingga menit akhir. Pertandingan pun rampung dengan skor 1-1. 

Bergeser ribuan kilometer ke selatan Denmark, ide menggelar pertandingan dengan konsep 'drive-in' juga diterapkan di Ceko. Laga Sparta Prague melawan Viktoria Plzen menjadi yang pertama menerapkan langkah itu.

Seperti dilaporkan The Sun, kedua kubu suporter tim hadir langsung ke tempat parkir mobil untuk menyaksikan pertandingan lewat layar raksasa. Namun, hanya 300 orang yang diizinkan masuk dan menonton langsung. 

Tak seperti di Denmark yang memberlakukan kapasitas maksimal lima orang setiap mobil, suporter Sparta Prague dan Viktoria Plzen dibolehkan menonton dari luar mobil. Suporter pun membawa berbagai perlengkapan piknik seperti tikar, minuman dan makanan. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang membawa suar untuk dinyalakan selama pertandingan.

Pertandingan semakin seru saat kedua kubu saling menyanyikan yel-yel dukungan sembari membunyikan klakson mobil. Salah satu pertandingan klasik di Ceko pun dimenangkan Viktoria Plzen dengan skor akhir 2-1. 

Konsep serupa dikabarkan sedang dibicarakan oleh penyelenggara Liga Primer Inggris. Para pejabat di kompetisi domestik Inggris akan berdiskusi terkait hal ini, Kamis (4/6) mendatang. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement