Rabu 17 Jun 2020 22:59 WIB

Inisiatif Swab Mandiri, Calon ART Ini Ternyata Positif Covid

Pasien calon ART tesebut dalam keadaan sehat atau merupakan orang tanpa gejala (OTG)

Rep: lilis sri handayani/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Seorang warga Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Ny I (20) yang berniat akan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART), berinisiatif melakukan swab mandiri. Hasilnya, ternyata positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menjelaskan, pasien tersebut melakukan pemeriksaan swab secara mandiri ke salah satu rumah sakit di Cirebon pada Senin (15/6). Hal itu dilakukannya untuk memastikan kondisi kesehatannya sebelum bekerja sebagai ART.

Selang sehari kemudian, atau Selasa (16/6), hasil pemeriksaan swab keluar dan menyatakan Ny I positif Covid-19. Dengan hasil tersebut, Satgas Dinkes Indramayu berkoordinasi dengan tim Satgas Puskesmas Krangkeng melakukan penjemputan terhadap pasien pada Rabu (17/6).

"Pasien saat ini sudah dirawat di ruang isolasi RSUD Indramayu. Pasien tesebut dalam keadaan sehat atau merupakan orang tanpa gejala (OTG)," ujar Deden, Rabu (17/6).

Deden mengungkapkan, Ny I merupakan pasien ke-26 yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Hingga Rabu (17/6), dari jumlah total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu yang mencapai 26 kasus, ada tujuh pasien yang masih menjalani perawatan.

"Sebanyak 15 pasien telah sembuh dan empat pasien meninggal dunia," ujar Deden.

Sementara itu, untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP), totalnya ada 213 orang. Dari jumlah tersebut, 129 orang sembuh, 63 orang meninggal dan 21 orang masih dalam pengawasan.

Sedangkan untuk orang dalam pemantauan (ODP), jumlah totalnya ada 1.097 orang. Dari jumlah tersebut, 865 orang dinyatakan selesai dan 232 orang masih dalam pemantauan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement