Rabu 15 Jul 2020 20:09 WIB

Hindia Rilis Lagu Baru 'Setengah Tahun Ini'

Tembang anyar ini sekaligus sebagai penutup album Menari dengan Bayangan.

'Hindia' punya makna khusus bagi Baskara Putra (Foto: Baskara Putra)
Foto: Spotify
'Hindia' punya makna khusus bagi Baskara Putra (Foto: Baskara Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Baskara Putra atau yang dikenal dengan nama panggung Hindia merilis lagu "Setengah Tahun Ini". Tembang ini sekaligus menjadi penutup dari album Menari dengan Bayangan.

Sesuai dengan judulnya, "Setengah Tahun Ini" bercerita tentang manifestasi diri seorang Baskara Putra selama satu semester 2020. Dalam proses penggarapannya, Baskara memutuskan bahwa lagu tersebut harus menjadi penutup dari album Menari dengan Bayangan.

"Lagu ini merangkum apa yang saya rasakan secara sosial dan pribadi selama enam bulan ke belakang," ujarnya saat peluncuran daring lagu tersebut, Rabu (15/7).

Lirik dalam lagu "Setengah Tahun Ini" banyak mengutip lirik dari lagu lain di album Menari dengan Bayangan. Dalam tembang tersebut, pendengar akan disuguhkan beberapa catatan kejadian besar di Tanah Air seperti penanganan pandemi, Omnibus Law yang bergerak secara senyap, kredibilitas staf khusus Istana yang dipertanyakan, hingga rasa kehilangan besar atas kepergian mendiang Glenn Fredly.

Lagu tersebut juga menyuguhkan aransemen musik berbeda dari lagu Hindia sebelumnya. Selain itu, Hindia juga memasukkan unsur paduan suara sebagai penguat lagu. "Awalnya lagu ini pakai gitar akustik tapi gue udah sering mengerjakan warna musik seperti ini. Gue ubah lagi dan perubahannya lumayan jauh sampai muncul ide ada choir-nya," ujar Baskara.

Album Menari dengan Bayangan diluncurkan pada November 2019, di mana 15 lagu sebelumnya telah dirilis terlebih dahulu. Lagu-lagu tersebut di antaranya "Secukupnya", "Rumah ke Rumah", "Evakuasi", "Evaluasi", dan diakhiri dengan "Setengah Tahun Ini". Baskara mengatakan "Setengah Tahun Ini" adalah sebuah isyarat untuk memasuki fase bermusik selanjutnya dari Hindia.

                               

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement